Tuesday, January 2, 2018

Hari Tidur Nasional


Ada yang pernah denger istilah "World Sleep Day" mungkin?

Sesuai namanya, "World Sleep Day" merupakan peringatan Hari Tidur Sedunia yang setiap tahunnnya diperingati secara random. Yap, Random... (njenengan sama sekali gak salah baca hehe)

Itu kenapa, misal "World Sleep Day" tahun ini jatuh di tanggal 16 Maret 2018, "World Sleep Day" tahun depan bisa jadi bakalan jatuh di tanggal 15 Maret 2019 dan seterusnya... Kar'na yang jadi patokan penentuan "World Sleep Day" disini bukanlah tanggal tertentu setiap tahunnya, melainkan "Spring Vernal Equinox Condidition" yang biasanya terjadi di bulan Maret.

Biyuh, istilah njelimet po mneh kui kang? hahaha

Gampange "Spring Vernal Equinox Condidition", merupakan kondisi dimana matahari berotasi tepat diatas garis ekuator atau khatulistiwa. 

"World Sleep Day" sendiri, awalnya diperingati sebagai bentuk aksi keprihatinan terhadap isu-isu penting terkait kebiasaan tidur seseorang, seperti pengaruh tidur terhadap aspek sosial, pengaruh tidur terhadap aspek pendidikan, pengaruh tidur terhadap pola makan, hingga pengaruh tidur terhadap aspek pengobatan seseorang. 

Karena baik disadari maupun tidak, kebiasaan buruk kita untuk begadang dan menunda waktu tidur, secara tidak langsung akan ikut mempengaruhi respons otak kita terhadap aspek-aspek penting lain dalam kehidupan kita. 

Mengapa demikian? karena seluruh organ penting didalam tubuh kita, sebetulnya justru sedang bekerja secara bergantian ketika kita sedang tertidur lelap. Itulah mengapa, anda sangat tidak dianjurkan untuk tidur terlalu larut, karena mulai jam 11 malam hingga jam 5 pagi, beberapa organ penting didalam tubuh kita sedang melakukan proses detoksifikasi atau pengeluaran racun sisa metabolisme dari tubuh, serta me-regenerasi sel-sel tubuh yang rusak.

So, bagi anda yang masih sering mengabaikan kualitas waktu tidur anda di malam hari, alangkah jauh lebih bijak jika anda mau memperbaikinya mulai dari sekarang. 

---

Oiya, isi postingan ini sendiri terinpirasi dari kebiasaan sebagian besar masyarakat Indonesia (termasuk saya) untuk begadang di malam pergantian tahun hingga dini hari, dan tidur sepanjang hari di tanggal 1 Januari, itu kenapa dari dulu saya lebih suka nganggap 1 Januari sebagai Hari Tidur Nasional, ketimbang Hari Libur Nasional untuk memperingati Tahun Baru :D

Sebuah kebiasaan baik, yang sayangnya dilakukan pada waktu yang kurang tepat hehe


1 komentar:

Huda Tula said...

Loh, ternyata ada juga ya? Saya jadi membayangkan ada bulan tidur nasional. semacam kewajiban berhibernasi selama sebulan penuh, hehehe

Visit the Site