Saturday, September 17, 2016

Tempat Pembuangan Sampah


Jane kalo akhir pekan gini, salah satu aktivitas yang paling males tak lakuin dan sebisa mungkin tak hindarin ki jujur ae aktivitas "online". Makane tiap kali ada temen yang WhatsApp, Chat atau apapun dihari jum'at malem - Minggu malem, sepenting apapun itu biasanya baru tak bales hari senin pagi, kecuali kontak keluarga, beberapa sahabat baik dan Group "Galaxy Young & Others" yang semua member'e wes tak anggap keluarga dewe, sedari masih sama-sama ngoprek Young sampe sak iki wes podo genti Gadget elite kabeh wkwkwk...

Cuma berhubung semalem saya lupa matiin HP dan paginya saya nggak sengaja bangun lebih awal gara-gara ibuk'ku manggang daging ayam nganggo kompor gas sing ambune 11 12 karo kabel listrik kebakar (tenan saking kagete, semua colokan listrik langsung tak peluk sambil tak elus-elus sama tak ciumin satu-satu #GUBRAK) akhire chat yang udah terlanjur masuk tak bales kabeh sek sebelum semua status online tak rubah jadi "pause" untuk kembali nikmatin weekend hehe...

Lha terus hubungane karo postingan iki kang?

Gini, jadi pagi tadi pas kelar bales Messenger dan pencet tombol back nggak sengaja status'e Mas Rizky ada di timeline saya dan kebetulan ada diurutan paling atas juga, jadi mau nggak mau akhire sempet tak baca setelah tak like.

Intinya sih ada seseorang yang nulis status dan ngajak orang-orang yang ngaku dirinya Blogger Indonesia untuk nolak tawaran Job Review, Placement dan sebangsanya dari Agency yang menurutnya "Nakal" dan hanya nganggap kita sebagai tempat "Pembuangan Sampah" dengan gerakan "Tolak Recehan Backlink Selamanya" atas nama "Mengembalikan semangat Blogger Nusantara".

Tapi jane bukan itu sih yang bikin saya tertarik #GLUNTHANG

Lha bener, kalo cuma masalah "Money Oriented" di kalangan Blogger sih wes cerita lama kalo buat saya, tapi kalo dianggap sesuatu yang baru lha yo monggo mawon haha... 

Lha terus ndi bagian menarik'e kang? bagian sing iki:

Saya tidak ingin menghujat namun saya hanya ingin menyelamatkan blogger-blogger yang sudah berkecimpung agar kembali ke jalan yang benar. Jangan sia-siakan perjuangan membangun blog susah payah dan kalian jatuhkan sendiri dengan seperti ini

Tepate bagian sing tak kek'i garis bawah...

Hahaha... luar biasaaa... jujur ae sebagai "Blogger Serabutan" yang memang udah sesat sejak awal ngeblog saya ngerasa terharu karena baru kali ini ada yang sampe pengen nuntun saya dan temen-temen lain kembali ke jalan yang benar wkwkwk... #Glunthang

Sak durunge, saya ucapkan terima kasih banyak :)

Tapi entah kenapa saya lebih suka menjadi bagian dari yang dianggap sesat itu, apalagi negara juga menjamin kebebasan berpendapat untuk setiap warga negaranya kan #EhKokJadiUUD45. Jadi, sampai disini saya nggak akan nanggepin kalimat tadi dengan terlalu serius. Wong tiap orang bebas punya pandangan masing-masing kok, hanya tak kasih tau nih

Kadang kita nggak bisa maksain pendapat subjektif kita sebagai pandangan objektif yang harus diterima sama orang lain. Karena bisa jadi yang kita anggap idealis justru dianggap sebuah egois diri sama orang lain. :)

Dan kalo mau lanjut baca cerita saya sampe tersesat kaya sekarang ini monggo, siapin air putih sama roti cokelat sek biar perut nggak nge-jazz sebelum waktunya hehe...

Saya kenal dunia blogging bisa dibilang belum cukup lama, saya pertama kali punya akun blog di Multiply, yang sayangnya sampe akhirnya Multiply berubah jadi e-Commerce saya belum pernah sekalipun nulis disana hahaha... Lha terus ngapain sampean bikin akun disana kang? cuma buat baca sama komentar thok wkwkwk...

Dari Multiply, saya pindah ke Wordpress dengan tujuan ngeblog yang sedari awal emang udah sesat. Saya lupa pernah punya berapa blog disana, yang saya inget saya punya 24 akun Google AdSense, 3 Akun AdBrite, 2 Akun Chitika, salah satunya Gold, dan 1 akun Media.Net, hingga tahun 2012-an. Yang akhirnya beberapa minggu lalu saya jual ke Mas Irfanesia. Sukses selalu mas Irfan, thanks for trust me :)

Baru ditahun 2008 atau 2009-an saya migrasi total ke blogspot, hampir semua blog Wordpress saya tutup karena suatu hal yang nggak perlu saya ceritain, biarpun akhirnya saya kembali kangen dan ngeblog di wordpress lagi tahun 2012-an lalu. Tapi ini tetep blog paling utama saya kok :)

Saya inget dimasa-masa kesesatan yang paling dalam #SiapinTisue, blog ini pernah nongkrongin Alexa di angka global 60 ribuan, dan mentok di Pagerank 4, dan itu masa dimana saya paling nggak nikmatin aktivitas ngeblog :) You know, sometimes i need more than rank and money.

Dan saya paling bosen ketika ketemu dosen saya dan ditanya, udah berapa digit?

Honestly, saya emang ada dilingkungan yang salah saat itu... salah disini karena, saya ada disekeliling orang-orang yang ngeblog karena uang sementara saya ngeblog karena emang suka dan ngerasain sesuatu yang susah saya jelasin ke mereka. Dan nyeselnya lagi, dulu saya dapet begitu banyak mata kuliah tentang ini, bahkan sempet ikut beberapa course berbayar about SEO... Damn!

Syukurnya, saya kenal banyak blogger yang iman ngeblognya sejalan sama saya di Pesta Blogger. Dan ini yang lupa saya ceritain dulu, jadi setelah Pesta Blogger berubah nama jadi Pesta Blogger+ (Plus disini karena non blogger diperbolehkan ikutan), tahun 2011-an event kopdar nasional ini berubah nama jadi ON|OFF Event dengan tagline "Ideas Meet Opportunity" dan ini sebenernya asal muasal perbedaan pendapat dikalangan internal blogger yang ngebuat kopdar nasional akhirnya pecah jadi 2 kubu dan ada kopdar tandingan bernama "Kopdar Blogger Nusantara" di Jawa Timur dan Sulawesi *kalo saya nggak salah inget*

Sebelum akhirnya event kopdar ini (ON|OFF Event) tambah general dengan nama SocialMedia Festival sampai akhirnya hilang entah kemana :)

Kalo ada yang masih inget, saat itu saya sempet menyayangkan perubahan ke arah money oriented ini, biarpun saya nggak nolak hal itu sama sekali. Karena lebih jauh dari itu, sebenernya saya cukup berterima kasih sama Bang Enda, Ndoro kakung dkk yang akhirnya ngebuat saya sadar kalo "opportunity" disitu sebenernya nggak melulu tentang uang.

Karena yang saya yakin mereka mau jalin dan bangun sebenernya "connection". Dan andai saat itu Blogger Indonesia nggak cukup berani untuk membuka diri sama opportunity maybe Ndoro kakung juga nggak akan ditarik Microsoft dan hari ini saya nggak akan dapet berita-berita bagus dari beritagar.id :)

Dan jujur aja itu saat dimana saya akhirnya murtad total dari SEO, i don't care about that for personal, really!!!. Selama saya bisa ngeblog dengan nyaman saya udah cukup bahagia hehe.. dan kalo ada saran terkait SEO yang saya kasih ke orang lain sampe detik ini *kalo mereka nanya itu juga*, honestly, saya juga nggak boong tentang itu, secara teori dan praktek pasti saya jawab sesuai apa yang saya tau, tapi secara pribadi saya sebenernya udah bener-bener nggak perduli sama apa yang kalian perdulikan itu haha :)

Really, saya nggak butuh penilaian sistemik dari algoritma sebuah mesin atau robot untuk sebuah aktivitas yang memang nggak perlu dinilai. Bahkan secanggih apapun tuh AI, dan secanggih apapun mereka di buat, mereka tetep nggak akan paham 100% apa yang manusia pahamin kok. Sama kaya seberapa pandai pun anda, anda nggak akan paham sama pikirannya Tuhan. Bukan karena Tuhan nggak masuk akal, tapi karena Tuhan emang melebihi akal kita.

Dan jangan lupa algoritma pun dibuat secara subjektif. 

Karena setiap orang punya caranya masing-masing untuk nyelesain sebuah tujuan yang sama :)

Dan kenapa saya jelasin gitu, sebenernya karena saya juga nggak setuju sama kalimat yang ini: "Jangan sia-siakan perjuangan membangun blog susah payah". Karena nggak semua orang ngangep aktivitas ngeblog sebagai sebuah perjuangan melelahkan seperti anda :) 

Dan kalo menurut anda ngeblog itu perjuangan yang melelahkan, kayanya anda kudu nanya ke diri anda sendiri dulu, apa anda yakin pengen tetep ngeblog?

And about receh backlink dan tempat sampah.

Lebih dari receh, kaya yang saya bilang tadi, sebenernya sebagai makhluk sosial saya jauh lebih butuh koneksi kok, makanya saya nggak gitu masalah mau dibayar berapa pun selama temanya saya suka dan deadlinenya nggak ganggu saya. Dan jangan salah, biarpun dimata anda sampah itu kotor, tapi dimata orang lain sampah justru dicari-cari lho. Gak percaya? coba cari berita tentang Pembangkit Listrik tenaga sampah yang mau dibikin sama pemerintah.

Dan saya kasih tau lagi, orang tua saya ngajarin saya untuk jangan sekalipun nolak rejeki pemberian Tuhan. Karena kalo keseringan anda nolak, jangan salahin Tuhan kalo dia sendiri yang akhirnya nolak ngasih rejeki itu ke anda dan lebih milih ngasih itu ke orang lain yang lebih mudah mensyukurinya :)

Dan kalo anda nanya mana rasa idealis saya dan temen-temen saya sebagai Blogger yang rela kehilangan harga dirinya sampe rela jadi Tong sampah? 

Kami punya blog rame-rame disini: http://id.serabutan.com/
Dan jujur aja kami jarang ninggalin komentar pake blog yang kami pake untuk review atau placement ketika blogwalking hehe :)

Sekarang giliran saya yang nanya balik, mana rasa idealis anda?

Karena buat saya selama anda masih masang iklan PPC like Google Ads, itu sama aja anda pun rela dengan sadar dibayar murah untuk backlink seumur hidup.

Bahkan jauh lebih murah dari kami yang nerima bayaran se-ikhlasnya... 

Lho iya dong, emang per klik dibayar berapa? hahaha... 

Yowes sampe disini dulu aja postingan sesat saya... mau lanjut nikmatin weekend dulu hihi... 

Oiya, wes sue nggak ngeblog disini... piye kabare dulur-dulur semua? 
Air putihe masih nggak? yuk mari kita bersulang.... Cheeeerrrrssss (glek...glek...glek)

Happy Blogging and Happy weekend all... 

4 komentar:

Ari Kurniawan said...

DJ Site ternyata masih ada sampai sekarang. Dulu sering main-main disini, kirain udah ilang :D

Saya sendiri termasuk blogger sesat. Karena bagi saya, placement content/post berbayar atau apapun namanya menguntungkan saya sebagai blogger. Saya hanya perlu memberi backlink, sementara saya memperoleh content (walau gak 100% orisinal biasanya) dan bayaran.

Kalau post berbayar yang diminta menulis sendiri bahkan bayaran biasanya lebih tinggi dan kita bisa mengkontrol kualitas konten. Tapi, yang terbaik adalah post review seputar event, biasanya bisa dapet souvenir atau tiket gratis :D

Apapun alasannya, saya kurang setuju dengan ajakan "Kembali ke Jalan yang Benar", memangnya yakin kawan-kawan blogger yang lain mendapat penghasilan yang lebih baik setelah kembali ke jalan yang benar?

DJ Site | Blogger Serabutan said...

@ Ari Kurniawan : Masih kok mas :) cuma ya udah nggak sesering dulu ngeblognya hehe... akeh kesibukan lain soale. Kadang klo pas lagi free ya masih suka ngeblog di http://blog.serabutan.com/ atau blog2 sebelah :)

Aseekkkk... temen sesatku nambah siji wkwkwkkwk... saya juga punya pemikiran hampir mirip sih. Kalo buat saya pribadi ya tetep gak ada rugi2nya saya ngasih backlink dofollow. Lha sampean inget gak dulu ada BuySellAds? Jane itu kan jual beli backlink jg zaman dlu hahaha... Kalo placement selama ini saya dapetnya lumayan unik, karena biasanya mereka terjadwal ngasihnya dan kayae emg pny content writter sendiri :) Tapi paling sering masih Job Review sih

Thats right, saya jg nunggu tawaran review event macem AFA atau matsurian lain kaya jakjazz kok gak nongol2 iki #GUBRAK!!!

Warbyasahh.... wkwkwkwkk.... yg ini saya nggak jawab... mungkin sekte yg merasa diri lebih bener dari kita bisa jawab dibawah saya mas Ari...

Btw, aku yo wes sue nggak BW... sek TKP dulu....

Nandar said...

Masalahnya kan enggak semua yang punya blog merasa dia itu blogger. Kalau ada kesempatan dapet duit dari blog ya langung diambil..

BTW sekarang blogger banyak juga yg ud pada ngilang. Ganti aktifnya di sosmed

yanuar catur said...

Duit dari blog sek titik mas.. :) Cheers

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian