Thursday, October 15, 2009

Wireless Hacking

Dengan kemudahan mengakses internet melalui wireless, banyak pengguna laptop selalu mencari atau memanfaatkan hotspot yang ada untuk selalu aktif. Ada yang hanya sekedar buka email, ada yang cuman sekedar browsing, bahkan, ada juga yang sampai mengirim tugas kantor. Para pemilk dan pengguna hotspot tidak menyadari bahwa mungkin, diantara mereka ada yang berniat jahat. Untuk kasus sederhana, sebuah hotspot umum palsu dapat menjebak para pemakainya untuk memberikan username dan password mereka tanpa mereka sadari bahwa mereka telah memberikannya. dalam artikel ini, akan saya jelaskan beberapa trik yang digunakan oleh beberapa orang yang berniat jelek dalam memakai wireless. Untuk masalah pencegahannya, bisa dilihat di artikel lain di website ini yang memberikan solusi dan pencegahannya.

Untuk melakukan wireless hacking, langkah pertama yang dilakukan adalah mencari wireless network yang terdekat dengan anda. Hal itu bisa dilakukan dengan wardrive (jika dilakukan diluar ruangan) atau berkeliling mengitari hotspot yang ada (jika di dalam ruangan). Dalam artikel ini, penulis mencoba menguraikan cara menggunakan wardrive karena lebih aman dan mengingat kita hanya mencoba untuk mengetahui jaringan wireless mana saja yang lemah.

Wardrive

Wardrive adalah ekspedisi memancing elektronik untuk mencari jaringan wireless yang lemah di sekitar anda. Kebanyakan, sebagian besar dari jaringan wireless tersebut bahkan tidak diberi password atau enkripsi untuk melindunginya.
Kegiatan ini dilakukan untuk mencari jaringan mana saja yang akan dijadikan obyek serangan. Sehingga, kita bisa melakukan serangan terhadap jaringan wireless yang telah kita jadikan target. Untuk melakukan kegitan ini, diperlukan peralatan sederhana untuk memulainya.

Daftar peralatan yang dibutuhkan:
• GPS receiver
jika daerah anda sudah memiliki GPS, anda dapat dengan mudah menandai daerah mana saja yang sudah anda jelajahi dan memberi tanda khusus dimana dalam daerah yang sudah anda jelajahi tersebut terdapat jaringan wireless yang lemah.

• Wireless PCMI card
Peralatan ini dibutuhkan untuk memperluas jaringan wireless anda. Biasanya, peralatan ini dilengkapi dengan jack untuk wireless antenna receiver atau mensupport jaringan selular untuk memperoleh jaringan yang lebih luas.

• Wireless antenna receiver
Peralatan ini dibutuhkan untuk menambah jangkauan wireless PCMI card yang anda punya dengan menghubungkan jack yang dimilikinya ke dalam wireless card anda. Jika wireless card yang anda miliki tidak mempunyai jack, anda bisa membeli wireless antenna yang memakai port usb yang sudah banyak beredar di pasaran. Tapi, jika anda merasa tidak puas dengan kemampuan memperoleh jaringan menggunakan peralatan yang anda miliki, anda bisa membikinnya dengan murah dengan mengikuti petunjuk yang ada di dalam website dibawah ini :
http://www.instructables.com/id/EQARE4I72GEPUCHTHU/

Pencarian Wireless Network

Kebanyakan jaringan wireless yang beredar tidak mempunyai sekuriti atau enkripsi yang melindunginya. Untuk melacaknya, dibutuhkan peralatan yang mendukung. Ada dua tools yang biasanya dipakai untuk tujuan ini.

• Network Stumbler atau lebih dikenal NetStumbler
Software berbasis windows ini sangat mudah mencari sinyal wireless yang dipancarkan dari hotspot ke pengguna. Penulis banyak menjumpai para pengguna wireless memakai software ini untuk mencari lokasi yang tepat untuk mendapat sinyal wireless dari hotspot yang kuat atau mensurvei apakah hotspot di daerahnya cukup bagus atau tidak.

• Kismet
Salah satu fungsi yang hilang dari NetStumbler adalah kemampuan untuk menampilkan SSID dari hotspot. pada access point, mereka selalu rutin membroadcast info ini. cuman, info tersebut kebanyakan berisi SSID yang tidak terbaca atau terenkripsi. Program ini akan mencari dan menampilkan SSID yang tidak di broadcast oleh hotspot dan sangat penting untuk mencari jaringan wireless yang akan diuji.

Memasuki jaringan wireless yang telah ditemukan

Setelah menemukan sebuah jaringan network, langkah selanjutnya adalah mencoba untuk menghubungkan anda ke jaringan tersebut. Jika jaringan tersebut tidak menggunakan sekuriti enkripsi, anda bisa langsung mengakses ke SSID. Jika SSID tidak di broadcast, anda dapat masuk dengan SSID yang sedang tidak di broadcast. Tentu saja, anda dapat dengan mudah menemukan yang tidak di broadcast menggunakan fitur yang ada kismet bukan? Jika jaringan tersebut dienkripsi, anda membutuhkan salah satu dari peralatan dibawah ini.

• CowPatty
Software ini menggunakan metode brute force untuk membuka WPA-PSK, yang mana PSK sendiri dianggap sebagai WEP baru unrtuk keamanan sekuriti wireless di rumah.Progam ini mencoba beberapa dari berbagai pilihan yang berasal dari file dictionary apakah ada yang sesuai dengan apa yang digunakan sebagai kunci tersebut

• ASLeap
jika ada jaringan yang menggunakan LEAP, alat ini bisa digunakan untuk mencari data semacam username dan password yang sedang online di jaringan, dan mengoverride akses pemiliknya.LEAP tidak memproteksi proses tersebut seperti EAP, yang mana itu menjadi kelemahan utama bagi LEAP.

Mengendus atau mencuri Data Wireless

Tidak peduli apakah anda terkoneksi langsung ke jaringan wireless atau tidak,, jika ada jaringan wireless di dalam daerah dekat anda, selalu ada data yang lewat di dalam jaringan kapan pun itu. Untuk mengambil data itu, anda perlu peralatan untuk mengambil atau melihat data tersebut.

• Wireshark (pendahulu Ethereal)
dimana masih terjadi perdebatan bagaimana cara ynag tercepat dalam menyikapi program ini, tidak ada keraguan lagi bahwa software ini sangat berguna. ia dapat mencari jaringan wireless yang ada lengkap dengan info sekuriti. software ini dapat mecuri data dari 802.11 manajemen hotspot dan bisa juga digunakan sebagai alat untuk mencari hotspot yang tidak memproteksi dirinya dengan SSID.

• SwitchSniffer
Software ini adalah program yang bisa mencari user yang aktif di jaringan switch LAN dan dapat mengambil seluruh packet data tanpa persetujuan user yang bersangkutan, software ini juga dapat mendeteksi program arpspoofer sedang berjalan dan membokir sesi pertahanan semacam firewal. jika anda menggabungkan program ini dengan program sniffer yang lain, anda dapat melihat dan mengambil id user dan password dari user lain di dalam jaringan anda.

Tindakan anda selanjutnya?

Setelah anda mengetahui bagaimana proses hacking, terserah anda mau diapakan data ataupun hotspot yang telah anda temukan dan anda eksploitasi itu. jika anda mau melaporkan ke admin hotspot bahwa ada kelemahan, anda telah menjadi bagian dari Ethical hacker. tapi, jika anda malah makin mengeksploitasi hotspot tersebut, maka anda menjadi Blackcap Hacker. anda mau memilih menjadi apa, itu hak anda. penulis hanya membagi info saja. semoga tutorial ini bermanfaat bagi anda.

Sumber:
- hack proofing your network
- hacking wireless network for dummies
- http://www.ethicalhacker.net/content/view/16/24/

2 komentar:

Anonymous said...

kren Juga nie tutoriaL paTut gw Coba Nie D'kampuz gW hheee.....

DJ Site said...

To : Anonim
kLo D'kampuz Lu C bwt apa Lu CoBa, Kn Lu Punya NIM & pass BwT akses WiReLess'y...

D' Kampiuz OraNg X Bozz kLo mw Nyoba..
Thanx Udh mampiR...

_dj-site_

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian