Saturday, September 21, 2013

Blackberry Messenger (BBM) Rilis, Open Source yang Menang!


Setelah sempat dihebohkan oleh bocornya tampilan Homescreen serta User Guide (Panduan pamakaian) Blackberry Messenger (BBM) untuk Android dan iOS, kini giliran aplikasi BBM for Android itu sendiri yang bocor ke publik. Terhitung dua hari kemarin, banyak blog-blog Tekno dan forum-forum developer seperti XDA Developer yang ikut mempublish aplikasi ini. Dan untuk anda yang penasaran berikut penampakannya:

  







Cuma sayang, aplikasi ini belum bisa kita gunakan sebelum pukul 18:00 WIB nanti sore, karena servernya belum terpointing ke server BlackBerry hahaha... maklum lah namanya juga aplikasi bocoran (Leaked).

Dan untuk anda yang mau mendownload secara langsung melalui Play Store, Anda udah bisa menikmati aplikasi messenger ini mulai pukul 18:00 WIB nanti sore, sedangkan untuk anda pengguna iOS, anda sudah bisa mendownloadnya pada minggu dini hari nanti pukul 01:00 WIB.

Dan kalo ditanya Gadget apa aja yang support sama aplikasi yang satu ini, untuk ponsel android, OS minimum ICS (Android versi 4.0.x) menjadi syarat utamanya, jadi ya mohon maaf untuk OS dibawah itu yang memang belum bisa menggunakan aplikasi ini, dan untuk iOS. Ponsel yang bisa menggunakannya minimal menggunakan iOS 6 dan 7.

Dan untuk anda yang belum sempet download nih saya kasih sekalian link downloadnya:

DOWNLOAD LEAKED Blackberry Messenger (BBM) for Android

UPDATED! BBM Official was released


Terus apa aja fitur yang bisa kita nikmati di aplikasi ini nantinya?

1. "Chatting" (ya udah pasti lah haha)

Kalo di WhatsApp ada Ceklist 1 dan 2 untuk menandakan pesan terkirim atau belum di Blackberry Messenger (BBM) anda akan segera terbiasa dengan huruf kecil "D" dan "R" yang menunjukkan status pesan udah terkirim dan terbaca atau belum.

Dan sama halnya dengan WhatsApp, BBM juga akan menunjukkan apabila lawan bicara sedang mengetik pesan balasan. Fitur khas yang satu ini turut diboyong ke BBM di Android dan iOS. 

2. Kemampuan berbagi foto dan "voice notes" (udah biasa lah ya di semua messenger juga ada)


Kemampuan pengiriman lampiran file (attachment) berupa gambar atau file jenis lain adalah salah satu fitur wajib untuk aplikasi chatting masa kini. BBM pun tak alpa menyediakan fungsi tersebut.

3. BBM Group hingga 30 pengguna (Masih kalah sama WhatsApp)


BBM Groups di aplikasi BBM untuk Android dan iOS mampu menampung hingga 30 pengguna berbeda. Seperti di ponsel BlackBerry, group chat ini juga mendukung sharing gambar dan jadwal antar sesama member, juga penyampaian satu pesan ke banyak pengguna sekaligus di dalam grup alias Broadcast Message.

4. Notifikasi perubahan status (Nah kalo yang ini masih agak menarik dikit untuk dicobain hehe)

BBM akan memberi tahu pengguna apabila ada pesan baru, perubahan status, ataupun penggantian foto Profile Picture dari teman-teman di dalam daftar kontak.

5. "Personal Identification Number" (PIN)


Inilah salah satu keunikan yang membedakan BBM dari teman-temannya sesama aplikasi pesan instan. PIN dipakai untuk mengidentifikasi pengguna agar nomor telepon atau alamat e-mail tak perlu tersebar sehingga menjaga privasi.

Sayang diluar itu semua, BlackBerry juga berencana akan mem-PHK-kan sekitar 40% dari keseluruhan karyawannya setelah kalah bersaing dengan Gadget dari platform lain, seperti Android, iOS dan Windows Phone, malah BlackBerry z10 yang dulu dibilang bakal bikin BlackBerry naik daun lagi pun ternyata nggak se-wow yang diprediksi dan bukannya naik, angka penjualan gadget ini pun justru semakin merosot haha..  

And, now tinggal kita tunggu aja kabar baik atau buruk apa lagi yang akan kita denger dari pihak BlackBerry. Yang pasti di Twitter tadi pagi udah rame orang-orang pada mau ngejual BlackBerrynya dan siap-siap pindah ke Platform lain setelah tau BBM bakalan hadir di Android dan iOS hahaha... 

Dan lagi-lagi, Open Source yang akhirnya Menang dan diuntungkan sama semua rentetan tragedi BBM ini, dan Android juga yang akhirnya akan jadi pilihan orang-orang mulai dari level low end hingga high end hahaha...  


14 komentar:

Rawins said...

lha hapene saja ga support njuk piye..?

DJ Site | Blogger Serabutan said...

@ Rawins:kan enek dark os CyanogenMod kang, rata2 Hp non china punya customn rom CM9 keatas... jadi ya tetep iso nganggo :) nek HP china malah lebih gahar hp murah OS ICS+ kabeh

Muhammad A Vip said...

aku wis ndaftar lewat PC, nanti kalo sudah donlot aplikasi masuke pake email itu ya, lha soal PIN dapatnya gimana?

Rawins said...

nganggo emulator android iso gak..?

Unknown said...

klo galaxy young yg udh di custom rom jelly bean bisa gk gan?

Damar said...

dulu sepertinya BB begitu eksklusif, ternyata mumet juga tergoyang android.
Untungnya aku nggak punya BB

munir ardi said...

saya baca di blog yang lain katanya
BlackBerry menarik kembali aplikasinya apa bener kang

DJ Site | Blogger Serabutan said...

@ Muhammad Affip: Masuknya pake email yg dipake ndaftar BlackBerry ID, PIN nanti dikasih sama mereka setelah bisa login. pokoknya pin awalanya 7

@ Rawins: Iso ae asal sampean download platform ICS atau JB di Android Virtual Managernya... cuma mesti pake modem karena butuh koneksi internet, dan nggak disaranin sih klo bisa ya pake HP aja ngetestnya

@ agus suklim : Nggak bisa kalo pake ROM itu, itu kan fake version 4.2.2 bukan versi asli, versi aslinya tetep 2.36, bisa kalo mau pake CM9 tapi ROMnya nggak stabil dan masih banyak bugsnya.

@ Djangan Pakies: Kayanya sejak HP China banyak yg manfaatin Android untuk OSnya, BB mulai kewalahan kang, apalagi messenger lain kaya WhatsApp, Line, WeChat, Kakao Talk, dll bisa MultiPlatform, tambah berat mereka saingan dengan BBM yg cuma bisa dipake di BlackBerry, jadi mungkin juga karna itu mereka ngebikin BBM Multiplaform untuk naikin profit mereka

@ munir ardi : Bener bang, ditarik sementara karena servernya jeblok abis user android nginstall bocoran BBM for Android hhe... (yg tak kasih diatas itu)

Rawins said...

wis ah pasrah wae
smsan waelah pulsa dibayari kantor inih :D

DJ Site | Blogger Serabutan said...

@ Rawins : Wah lha yo malah enak sampean kang nek pulsa dibayari kantor hahaha.... iso telponan sepuase malah gak cuma sms-an :D

krisngeblog said...

dulu pas android lagii dateng banyak yang bilang apa sih keungglan bb? cuma bbm doank kan? '

giliran bbm mau luncur ke andro, banyak yang ngarep.

lah, dulu dihina sekaran dinanti-nanti. :D

DJ Site | Blogger Serabutan said...

@ krisngeblog: Wah kalo itu saya nggak mau debat, soalnya saya juga user Android, iOS, dan BB OS, jadi buat saya semua punya keunggulan masing2... Untuk Graphics iOS menang, untuk programming Android menang karena Open Source, untuk Bisnis dan Social BB menang hhe...

Anonymous said...

aku pake LG P350,pake CM 10 andriod 4.1.2 dan CM 9 android 4.0. kok setelah install BBM,sukses, tp pas di runing muncul tulisan UNFortunately BBM stoped ya....gimana ya boss..mohon pencerahan nih

DJ Site | Blogger Serabutan said...

@ Anonymous : Karna LG Optimus ME armv6 gan, dan BBM cuma running di armv7 makanya force close biarpun bisa diinstall... :)

DJ Site - Since 2009 Until Now

Creative Commons License
Blog Content by Ferdinand is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://dj-site.blogspot.co.id/.

Themes by blogcrowds. Design With ❤ for Blogger Serabutan