Monday, January 11, 2010

Drupal

Pengembang: Komunital Drupal

Versi Rilis Terbaru: 6.14 (16 Sep.2009)

Ukuran: 1.03 MB (Archieve)

Lisensi: GNU GPL

Wesite: www.drupal.org


Drupal merupakan web CMS yang menjadi juara pertama “Best Open Source PHP CMS” yang diselenggarakan oleh CMS Award pada tahun 2009. sementara Joomla! Dan wordpress harus berbagi di posisi runner-up. Meski demikian, menurut beberapa pengguna pemula, Drupal di bilang terlalu sulit karena mempunyai konsep dan terminologi yang secara khusus hanya berlaku pada Drupal. Sebagai contoh, pada Drupal dikenal Node. Node merupakan satuan kontenyang dapat berupa blog, topik forum, berita, halaman statis, gambar, video, audio, maupun flash. Istilah taxonomy pada Drupal mengacu kepada pengategorian konten, misalnya satuan konten dapat berkategori Politik, Ekonomi, Sains, atau Agama. Istilah hook mungkin istilah yang nyaris tidak begitu diperhatikan oleh user biasa. Hook pada Drupal merupakan konsep penting bagi developer, yaitu suatu metode agar setiap modul dapat menambahkan fungsi tertentu. penambahan dilakukan dengan cara mengaitkan fungsi tersebut pada hook yang dimilki sistem Drupal. Setiap modul dapat menambah menu baru dengan cara mendefinisikan fungsi modul_menu, yang akan menjamin Drupal tidak lupa memperhitungkan keberadaan menu tersebut ketika diperlukan.

Situs yang dibuat oleh Drupal dan di-hit cukup banyak pengunjung adalah http://ubuntu.com

Dan http://seobook.com.


Yang menarik, pada bulan Oktober 2009, sistem administrasi dari Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama mengadopsi Drupal sebagai situs resmi dari Gedung Putih, yang beralamat di www.whitehouse.gov



3 komentar:

Andri site said...

makasih infonya ..
walaupun sepertinya selamat datang nilai buruk semestr ini...
hehe..

DJ Site | Blogger Serabutan said...

HHahaa....

Ya akhiRnya kan dapet 80 hhe,....
Berarti Cukup membantu nie artikel gw hhaa

Thnx NdRi 4 Comment,...

_DJ_SITE_

episcopal priests said...

tools yang bagus untuk para pembuat website (webmaster)

DJ Site - Since 2009 Until Now

Creative Commons License
Blog Content by Ferdinand is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://dj-site.blogspot.co.id/.

Themes by blogcrowds. Design With ❤ for Blogger Serabutan