Tuesday, April 10, 2012

Pembajakan = Berbagi ?


Klo ditanya tentang apa yang paling saya suka dari negri ini (Right, Indonesia maksud gue)? atau kenapa saya lebih suka bilang "saya bangga dan bersyukur bisa terlahir di negri ini"? (sekalipun beberapa orang diluar sana lebih suka menghina negri ini bahkan berharap mereka gak terlahir ke dunia lewat Indonesia).

Saya akan jawab, saya suka semua hal yang ada di negri ini, dan saya bersyukur dikasih kesempatan untuk terlahir ke dunia lewat Indonesia :) karena ada banyak hal yang mungkin gak akan saya liat, gak akan saya temui dan gak akan saya rasakan andai saya terlahir diluar kawasan "Dwiwarna" (Merah Putih) ini ...

Dan salah satu hal yang paling saya suka dari negri ini adalah kecintaan masyarakatnya untuk saling berbagi dalam hal apapun (positif maupun negatif) melalui media apapun :) (termasuk aktivitas yang sedang saya dan anda lakukan ini)

Saya gak tau batasan pantas atau nggaknya kita nyebut sesuatu hal sebagai tindakan berbagi yang positif atau justru tindakan berbagi yang negatif itu berdasarkan patokan apa. Tapi klo anda nanya ke saya, apa menurut saya tindakan pembajakan (baik secara fisik atau secara Online) masih bisa dikatakan sebagai tindakan berbagi yang positif? diluar konteks royalti dan Hak Cipta, saya akan jawab klo tindakan pembajakan masih termasuk tindakan berbagi yang positif.

Saya ambil contoh tentang pembajakan software, saya nggak tau anda termasuk pecinta Originalitas atau pecinta Software berlisensi Bajakan. Tapi klo saya nanya ke anda, kenapa anda nginstall software Original? dan kenapa anda nginstall software bajakan? saya yakin jawaban dari pertanyaan itu adalah karena anda membutuhkannya, dan gimana pun caranya ketika anda butuh anda mesti nyari, dan sebisa mungkin mendapatkannya, Right? Dan dalam keadaan "butuh" saya yakin anda akan sangat berterima kasih klo ada orang yang mau susah payah ngecrack dan ng'upload ulang software yang lagi anda cari itu ketimbang anda harus susah payah beli software itu dengan harga yang mahal, bener gak?

So, klo saya tanya sekali lagi apa pembajakan software itu salah? saya yakin, sebagian besar diantara anda masih akan menjawab itu salah dalam konteks Hak Cipta, tapi akan juga menjawab itu benar dalam konteks kebutuhan. Itu kenapa, saya nggak akan bilang pembajakan sebagai sebuah tindakan berbagi yang negatif, karena secara sunah saya yakin anda pernah menggunakan software bajakan.

Bahkan diluar konteks Hak Cipta, saya justru akan mengatakan bahwa pembajakan sebenernya bisa dijadikan sebagai sebuah indikator yang lebih pasti tentang sukses atau nggaknya sebuah produk baik itu software, lagu, film atau bahkan aplikasi mobile dan game dipasaran, ketimbang sang pemegang Hak Cipta harus susah payah melakukan survei gak jelas dengan data yang kadang ngawur, karena dari pembajakan sebenernya kita bisa ngeliat seberapa banyak produk itu digunakan dan disukai? ambil contoh kita bisa ngambil sample dari produsen produk bajakan atau File Hosting yang jasanya sering digunakan oleh para Uploader untuk membagikan produk tertentu secara ilegal. Dan ketika kita udah dapet data itu, yang harus kita lakukan sebenernya adalah memperbaiki produk itu agar nggak bisa dibajak atau di crack lagi, klo produk itu memang disukai oleh pasar, atau klo produk itu nggak disukai, ya cari tau bagian mana yang bikin produk itu nggak laku, dan buat saya itu jauh lebih bijak.

So, disatu sisi, pembajakan sebenernya positif :)

Biarpun disisi lain, saya tetep nggak menganjurkan anda untuk menggunakan software Bajakan klo itu ingin anda gunakan untuk mendukung pekerjaan anda, apalagi klo kerjaan anda adalah Graphic Designer atau Animator, karena beberapa pihak kadang gak mau nerima file yang dihasilkan sama Software bajakan, saya ambil contoh anda jago bikin animasi, dan anda udah bikin sebuah animasi keren yang mau anda kasih ke salah satu stasiun TV swasta untuk ditayangin disana, tapi karena keterbatasan dana, software yang anda gunakan untuk membuat animasi tersebut rupa-rupanya adalah software bajakan. Saya mau tanya, menurut anda animasi ini bakal diterima nggak sama stasiun TV itu? klo anda kira bakal diterima, sayangnya anda salah, karena saya berani jamin pihak TV nggak akan mau nerima animasi itu, karena mereka nggak mau dibawa-bawa ke kasus Hak Cipta. Dan cara satu-satunya klo anda tetep mau nayangin animasi itu, adalah anda bikin ulang animasi itu pake Software Original atau anda bikin itu pake Open Source software.

Dan lagi-lagi sampe disini saya nggak mau nyalahin pembajakan, karena sebenernya yang nggak kita terima tuh bukan masalah pembajakannya, tapi masalah Hak Ciptanya... Dan selama anda hanya menggunakan produk bajakan untuk diri anda sendiri, biarpun golongan orang-orang open source akan mengatakan tindakan yang anda lakukan itu nggak berkah, buat saya itu nggak salah sama sekali, bahkan nggak salah juga klo anda mau men-share produk bajakan itu dengan tujuan tertentu, karena ketika file yang anda upload itu di report dan didelete oleh file hosting anda, buat saya itu udah cukup dianggap sebagai tindakan kita mematuhi Hak Cipta :)

But, It's just my opinion... dan saya bener-bener nggak nganjurin anda untuk sependapat sama saya hahaha ...

Ps: Ditulis sebagai jawaban saya atas pertanyaan beberapa Developer yang ngasih report, karena saya ng'crack dan men-share ulang beberapa aplikasi mobile mereka yang seharusnya berbayar secara Free :)

#Pembajakan #Berbagi


Ratings: 5


16 komentar:

krozbonek said...

setuju cak, kalau ada uang lebih ane juga pasti mau kok beli yang original :D

fb said...

Disamping produk dengan hak cipta yang komersial ada orang-orang yang membuat sesuatu dengan gratis.. seperti aplikasi android, linux dsb.. Kalo berbagi software yg gratisan ada baiknya disertakan juga ke link website pembuatnya untuk menghargai hak cipta mereka.

Teknokers said...

kalo menurutku sih positif sob, secara pribadi alias ga nyangkut copyright hehe (itu untuk konten yg harganya mahal dan susah buat njangkau)

tapi kalau untuk sesuatu yg boleh dibilang murah , bahkan gratis ya kebangetan terutama masalah copyright, contohnya blogger template saja ga usah jauh2, kenapa masih ada yg menghapus credit footer di template yg bukan bikinan sendiri, bahkan ada yg malah memperjual belikannya? nah, mungkin kita harus belajar menghargai or lain (terutama karya2nya), kalau kita mau dihormati


*wah, ini komentar masih nyambung gak yah wkwkwkwkk

Asis Sugianto said...

sepertinya sy yg paling kena nih sobat, saya pembajak tapi dengan alasan berbagi kepada sesama sobat, hehehhe

Fajar said...

idem dengan mas koment pertama om... kalao ada duit.. yang mending yang asli...he.heh.e.

Tomo said...

Aku suka yang murah saja cak apalagi kalau ada yang gratis ya malah tambah senang

achmad taher said...

Tergantung dari sudut mana kita menilai. Jika menilainya dr sudut pandang hukum so pasti perbuatan pembajakan pekerjaan negatif dan melanggar hukum, karena ada yg dirugikan hak ciptanya, kita pasti setuju itu. Dari sisi sosial lebih membawa manfaat bg banyak org yg mmerlukannya, apalagi yg punya hak ikhlas, maka pahalanya akan mengalir tiada henti-hentinya, kalo gak iklas...nah lo?

bodo amatan lah...hehehe

Dah lama aq baru kunjung dsini lagi gan.. salam.

Ario Antoko said...

makanya aku suka open source

pakai ubuntu yuk :D

alkatro com said...

"karena secara sunah saya yakin anda pernah menggunakan software bajakan."
bahasamu gaul bener pak wkwkwk
kalau atas nama bendera; asalkan yang dibajak jangan sopware bikinan anak negeri sendiri :D
yang jelas si gnom sudah ada di pc, cuman masih gagap makenya hehe

Boku no Blog said...

Gimana kabarnya Sobat Ferdinand, maaf baru bisa Blogwalking..
Sukses selalu

smp3lembang said...

saya juga sob sekarang masih make beberapa software bajakan habis mau beli ORI masih terlalu mahal

Djangkies said...

saya pernah ditanya seorang teman, program yang kamu gunakan untuk dagang asli nggak ?, maka saya jawab ya asli. Dia bilang Alhamdulillah. Trus dia tanya lagi microsoftnya asli nggak ? dan sayapun cengar cengir karena yang satu ini masih crack crackan. Dia berbisik, apakah hasilnya nanti barokah ? dan sayapun tercengang dan akhirnya ... tahulah apa yang saya lakukan hhh
Sugeng Makaryo Kang, aku saiki belajar nggambar, tapi ndak bisa seperti sampean ternyata kalo ndak ada bakat seni, susah juga.

nas_phie said...

setiap orang pasti butuh,,dan kalo masi da yang gratisan enak,,hehehe,,
( ngirit banget ya,,)he

nuel said...

gue jadi inget pendapatnya temen gue.. dia bilang pembajakan itu sebetulnya masih dibutuhkan di negara2 berkembang yang penghasilan para warganya nggak kayak di negara2 maju yang gampang aja tuh bisa beli kaset/CD/buku/etc.... justru kalo ga ada bajakan, otomatis rakyat gak ada hiburan dong... tiket bioskop aja paling murah 20rb (di kota gue).... apa mampu para wong cilik itu???

Dihas Enrico said...

yah mau gimana lg...
aq aja ga tau mana yg asli apa yg engak...
:P

Theo AS GAUL said...

Menurut Gw berbagi ga harus bajak software, bisa aja kasih trick & Tips

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian