Wednesday, January 1, 2014

Pengalihan Pikiran


Kalo mau flashback kebelakang sih, sebenernya saya agak nyesel sama kebiasaan lama saya yang sering nunda waktu makan siang dan terlalu deket temenan sama mie instant, soalnya dulu-dulu saking parahnya saya bisa mundurin jam makan siang saya dari jam 12 siang jadi jam 4 sore, udah gitu mending klo yang  saya makan nasi, wong ini mah malah keseringan makan mie ayam atau mie instant haha...

Akibatnya ya kaya sekarang ini, udah nggak bisa nikmatin makanan yang enak-enak, masih juga lambung kumat-kumatan. Hadeehhh, parah tenan, klo mau diitung udah hampir setahun kayanya saya mesti bolak balik kontrol ke Rumah Sakit gara-gara kebiasaan buruk saya dulu.

Wong dokter spesialis penyakit dalam aja sampe bingung mau ngasih obat apa lagi ke saya haha... malah terakhir pas saya kontrol 2 hari yang lalu, tuh dokter malah nawarin saya berobat ke RSCM sama gurunya yang katanya lebih ngerti tentang pencernaan ketimbang dia. Cuma berhubung saya agak-agak kecewa sama pelayanan RSCM waktu ayah saya dirawat karena kecelakaan dulu, akhirnya saya minta dikonsulin ke psikiater aja. Lha gimana nggak, coba bayangin aja, ayah saya waktu dirawat di RSCM darah udah berapa ember cuma digeletakin gitu doang, sampe mau nyambung kakinya yang patah aja nggak ada suster yang mau bantuin, edan nggak tuh? Rumah Sakit macem apa yang kaya gitu, sayang aja dulu saya masih kecil, gedean dikit tak obrak abrik tuh Rumah Sakit. 

Wes lah nggak usah diinget inget lagi, yang penting nyawa ayah saya ketolong dan masih dikasih sehat sampe hari ini. 

Singkat cerita, berhubung dokter spesialis penyakit dalam yang nanganin saya dari awal dirawat dulu udah bingung mau ngasih obat apa lagi, akhirnya saya dikonsulin sama psikiater. Bukan berarti saya gila atau nggak waras lho ya, tapi dalam beberapa kasus, termasuk kasus saya mungkin, psikiater justru bisa lebih cepet ngebantu penyembuhan seseorang.

Oiya, sebelum saya lanjutin saya kasih tau dulu klo psikiater itu beda sama psikolog, karena psikiater punya background pendidikan kedokteran sebelum ngambil spesialisasi dibidang kejiwaan, sedangkan psikolog nggak ada background akademik kedokteran sama sekali. 

Lanjut, dan tanpa basa basi lagi berhubung hari udah makin sore juga, akhirnya dari poli penyakit dalam saya langsung mencet lift untuk naik ke poli psikiatri. Cuma sayang, karena saya datengnya udah kesorean, antriannya udah panjang banget, dan kalo saya kalkulasiin andai 1 pasien konsultasinya sekitar 1/2 jam saya masih harus nunggu giliran 4 jam lagi, jadi ketimbang bosen nunggu di Rumah Sakit, akhirnya saya putusin untuk kesana lagi keesokan harinya. 

Dan bener aja, besok paginya Rumah Sakit justru sepi banget haha...mungkin karna pada nyangka Rumah Sakit tutup kali ya malem tahun baru, dan abis registrasi saya langsung naik ke lantai 2 untuk daftar ulang ke suster jaga. And you know lah gimana ekspresi dari kebanyakan pasien kejiwaan, ada yang mondar mandir, ada yang duduk murung, ada yang main game kesel sendiri, ada yang badannya bergerak nggak kekontrol, tapi ada juga yang nggak terlalu parah dan masih bisa saya ajak ngobrol :)

Singkat cerita, setelah nunggu setengah jam-an akhirnya nama saya dipanggil untuk masuk ke ruang konsultasi. Dan ini dia bagian yang paling saya suka, soalnya selain ramah dokternya juga kawaii banget *plak

Dan nggak terasa, udah hampir setengah jam saya dihujani pertanyaan seputar faktor pencetus kambuhnya penyakit saya ini dan pertanyaan pertanyaan lain yang kemungkinan akan dipake sama dr. Endah (nama psikiater yang nanganin saya) untuk menganalisa penyakit saya ini. 

Dan bener aja dugaan saya, nggak berapa lama, dengan tatapan santai sambil becanda dan ketawa-ketawa, dia ngasih 1 ilmu baru ke saya yang katanya akan jadi obat paling cepet yang bisa nyembuhin saya. Dan anda tau apa obatnya? obatnya cuma "Pengalihan Pikiran". 

Maksude kang? 

Jadi gini, ketika saya ngerasain penyakit saya ini, entah itu mual, sendawa agak lama, ataupun sakit dibagian perut, saya diminta untuk ngalihin perhatian saya dari penyakit-penyakit itu ke sesuatu hal yang lain, bisa itu nonton film, baca buku atau bahkan ngeblog kaya yang saya lakuin sekarang ini hihi.. intinya sih saya diminta untuk jangan terlalu fokus sama penyakit saya ini.

Atau bahasa gampangnya, saya mesti nganggap penyakit saya ini adalah penyakit biasa yang bisa aja diderita sama semua orang. Dan hal terpenting yang harus saya pikirin adalah, saya ini sehat dan saya pasti sembuh :)

And you know, abis dapet nasehat itu, saya langsung ngerasain ada yang beda di tubuh saya ini, misal dari yang tadinya susah makan karena selalu muel, sampe akhirnya saya bisa ngabisin makanan saya tanpa ada muel sama sekali. Dan untuk satu berkat Tuhan yang itu aja, saya udah bersyukur banget, asli paling nggak enak rasanya ketika perut lu udah laper banget tapi pencernaan lu sama sekali nggak bisa nerima makanan yang masuk *yang pernah ngalamin sakit dibagian pencernaan pasti ngerti yang saya maksud hhe... 

So, kalo sampe hari ini anda masih diberi kesehatan sama Tuhan, syukuri itu dan jangan rusak tubuh anda sendiri dengan kebiasaan buruk anda, karena nggak semua orang bisa ngerasain sehat kaya yang anda rasakan. Sehat itu mahal brow hhe... Dan untuk anda yang mungkin lagi dalam keadaan kurang sehat, seberapa parahpun penyakit anda coba deh terapin ilmu yang saya dapet dari psikiater itu, coba alihkan sejenak pikiran anda ketika anda lagi ngerasain ada yang nggak enak ditubuh anda, dan terus tanamkan dalam pikiran anda kalo anda itu sehat dan anda pasti sembuh, saya yakin pasti ada perubahan yang akan anda alami biarpun cuma sedikit. Dan yang terpenting ya jangan lupa bersyukur dan minta kesembuhan sama Yang Maha Segalanya. Karena mau anda berusaha kaya apapun klo anda nggak libatin Dia, buat saya pribadi sih percumah aja :)

Dan sebagai penutup postingan curhat saya ini, mengawali hari pertama ditahun 2014 ini, Saya ucapkan Selamat Tahun Baru untuk dulur dulur Blogger dan Netter sekalian, semoga ditahun yang baru ini lebih banyak lagi semangat baru yang kita rasain dan semoga semua resolusi yang udah kita rancang dalam pikiran kita bisa cepet kesampean :)

C'u ... 


8 komentar:

pakies said...

lah saya baru ngerti loh kalo psikiater sama psikolog beda, kiraain sama.

Obat mujarab tanpa resep dari Bu dokter tuh Kang. Sepertinya kayak yang akhir-akhir ini di tipi sering ditayangkan, memngalihkan perhatian dengan memberikan semacam hipnoterapi
Wis tak dungakno sampean sehat terus, makin sabar dan makin kribo #gluntang

DJ Site said...

@ pakies : Hahaha, beda kang, aku yo ngertine pas ngobrol ngobrol sama dokternya :)

Betul kang, bisa dibilang semacam hipnoterapi, klo kata buku buku best seller kan musuh terbesar kita diri kita sendiri wkwkwk... *nggaya tenan

Aminnn... matur suwun kang, moga sampean yo sehat terus makin sukses usahanya :) btw, aku dah ndak kribo lho dah potong rambut wkwkwkwk

Rawins said...

berobat ke mbah kyai saja
ga pake repot cukup air putih dibacain bismillah udah sembuh :D

Fajar said...

semoga cepat sembuh..om.. positive thingking eaa...

roel said...

kata orang si, sakit sama sehat cuma persepsi aja...

DJ Site said...

@ Rawins : Udah kok um, persis kaya kata um, pulangnya dibekalin air putih, untuk cuci muka + diminum :)

@ Fajar : Suwun um... :D

@ roel : tul, ya nggak ngeremehin pekerjaan dokter juga sih, cuma kadang biarpun dokter udah maksimal meriksa dan ngasih obat, klo yg sakit nggak punya semangat untuk sembuh ya percumah hhe....


Moga dulur-dulur blogger dan netter semua selalu dikasih sehat sama Gusti Allah :)

munir ardi said...

penyakit saya sekarang HB rendah itu juga karena kebanyakan begADANG , semoga semakin membaik SOb

DJ Site said...

@ munir ardi : Wah sama2 kena penyakit karena kebiasaan buruk kita nih bang hhe... iya bang makasih banyak, moga bang munir juga cepet sembuh dan HBnya naik lagi

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian