Monday, September 26, 2011

Google News Mulai Memperkenalkan "StandOut Content"


Selamat Siank Sahabat DJ Site Semua,

Fiuh! perasaan belum puas libur weekend, tau-tau udah hari senin lagi aja haha... gimana nih kabarnya aktivitas anda hari ini? semoga tetep semangat kaya hari-hari sebelumnya. Oiya, sebelum masuk ke inti postingan, saya mau minta maaf dulu nih karena mulai tambah jarang Ngeblog, yang berakibat jarang nongol juga di blog sahabat semua hhe, gak ada niat untuk sebentar-sebentar hiatus sih sebenernya, cuma karena saya-nya emank lagi banyak banget kerjaan ditambah koneksi Internet yang lagi "Super Low" *maklum akhir bulan, jadi mau dipaksain kaya apapun ya ujung-ujungnya tetep belum bisa ngeblog haha... paling cuma Email dan Gtalk yang bisa Online 24 Jam karena emank HP saya nyala 24 jam, sekalipun yang punya lagi Holiday sama mimpinya :) Pokoknya, saya bener-bener minta maaf nih karena belum bisa berkunjung balik ke blog anda semua, ntar klo semua Deadline kelar pasti saya usahain untuk ngunjungin anda satu-persatu hhe... :)

Ocre siank hari ini saya mau kembali ngajak anda ngomongin tentang Mbah Google karena udah agak lama juga saya gak ngomongin si Mbah hhe, bukan bermaksud untuk melupakan Kejadian "BOM di Solo" yang kemaren sempet saya tulis juga sih, sampe saya malah memutuskan untuk ngomongin si Mbah siank hari ini, tapi menurut saya klo kita terus-terusan memberitakan tentang BOM di Indonesia, yang ada Image Negatif dari negara lain bahwa Indonesia itu memang negara yang gak aman justru makin kuat yang pada akhirnya bisa aja memicu mereka untuk mengeluarkan Travel Warning lagi bagi para warganya untuk gak ke Indonesia. So, dari pada memperburuk suasana, saya lebih milih untuk nulis 1 berita tentang itu gak lebih :) dengan harapan orang-orang diluar Indonesia, gak perlu nemuin kata BOM saat mereka melakukan searching di Internet :)

Balik ke Inti postingan, klo gitu apa yang akan kita omongin siank hari ini? Siank hari ini saya mau ngajak anda mengenal sebuah Fitur baru yang akhirnya dirilis Google untuk Layanan Google News-nya. Nama Fitur baru itu adalah "StandOut Content". Di USA sendiri, hampir semua Media Berita yang terbit hari ini ikut membahas Fitur StandOut Content ini, karena untuk para jurnalis Fitur ini bisa dibilang cukup penting dan ditunggu-tunggu, mungkin klo di Indonesia, Portal-portal Online kaya Detik.Com, Kompas.Com dan lainnya seharusnya ikut juga memperhatikan fitur baru ini jika mereka memang masih mengharapkan berita-berita yang mereka publish dapat tayang di Google News, soalnya Fitur ini bisa dibilang ikut menentukan apakah berita yang mereka publish layak untuk hadir dalam hasil pencarian Google News atau nggak. Maksudnya?

Gampangnya, Fitur ini dibuat untuk membantu Konten-konten Original menduduki posisi lebih tinggi dari pada konten-konten lain yang bisa jadi hanya melakukan copy paste dari konten asalnya. Cuma, karena Fitur ini sebenernya dibuat untuk melengkapi Algoritma Pencarian Google, Jadi anda pun gak bisa ikut merasakan Fitur ini. Eum, lebih tepatnya ini Fitur yang kemungkinan besar hanya akan dirasakan oleh Google dan masing-masing Portal Berita Online itu sendiri.

Gimana cara kerja Fitur ini? Google sebenernya hanya mewajibkan para Jurnalis Online untuk menyertakan Sumber secara tidak langsung di halaman yang mereka tulis. Karena mohon maaf, gak cuma orang Indonesia yang sukanya asal comot konten orang tanpa menyertakan sumber, tapi orang luar pun banyak yang kurang mementingkan etika dan menganggap biasa kegiatan Copy paste tanpa sumber ini. Untuk itu, demi menjaga kualitas pencariannya Google mulai mewajibkan Portal-portal Online untuk memasang Meta tag tersembunyi yang hanya bisa dibaca oleh Google, yang disebut sebagai StandOut Content. Dan berikut Contoh Meta Tag yang mereka wajibkan itu:

<link rel="standout" href=“http://www.example.com/scoop_article_2.html” />

Coba perhatiin Meta Tag diatas baik-baik, adakah yang membedakan Meta tag diatas dengan penggunaan Hyperlink? Yupz, Google memang gak mewajibkan anda memasukkan link sumber secara langsung dengan menyebut nama sumber tersebut di halaman berita yang anda tulis, namun mereka secara tersembunyi meminta anda memberitahukan dari mana saja anda mengambil sumber berita tersebut. Saya gak tau alasannya apa, tapi menurut saya ini mungkin lebih dapat diterima oleh kedua belah pihak, disatu sisi pihak yang kontennya di Copy tidak merasa dirugikan karena Google bisa mengetahui mana Konten yang Original dan mana yang Copy paste melalui Meta tag diatas, dan disisi lain, para Copy paste Holic pun tetap seolah dapat menganggap konten yang mereka copy itu sebagai milik mereka karena pembaca emank gak akan sadar dengan Meta Tag StandOut Content ini. Dan penggunaan StandOut Content ini diwajibkan Google untuk semua Potal berita Online, dengan sanksi keras bahwa Konten yang mereka buat bisa saja hilang dari hasil pencarian jika Google mengindikasikan Konten anda Copy Paste namun anda tidak mengikuti himbauan mereka untuk memuat Meta Tag StandOut Content itu. Dan parahnya jika dalam seminggu anda mengakui 7 link sumber anda di StandOut, Google langsung mempenalti anda yang mungkin untuk blogger lebih dikenal dengan istilah SandBox atau hilang sementara dari hasil pencarian :)

Dan atas Fitur baru ini, saya pribadi ikut mendukung dan menyambut baik, kenapa? karena Fitur ini bisa dikatakan dapat ikut memancing kreativitas dan ide dari setiap orang yang pasti berbeda-beda itu tanpa terhambat lagi dengan pola pikir Instant Copy Paste untuk ngejar yang namanya SEO. Malah klo bisa, saya juga mau request supaya Fitur ini gak hanya ditambahkan dalam Algoritma Panda yang secara khusus hanya ditunjukkan untuk Google News, tapi juga bisa untuk Google Search :) dengan harapan, Blogger Indonesia bisa nulis dengan cara mereka masing-masing tanpa perlu mengakui konten orang lain....

Ada yang punya pendapat lain? hhe ... klo ada saya persilahkan di kotak komentar :)

Dan terakhir, sebelum pamit untuk makan siank, kaya biasa saya mau ngajak anda bersulang dulu... Cheeerrsss.... (Glek...glek...glek...)...

Buat Sahabat DJ Site Semua, Happy Blogging 'n Have a Nice Day... :)


11 komentar:

Manchester United Tech | Berita Sepak Bola said...

Wah, Fitu baru lagi nih dari si Mbah..
siip dah semoga kedepannya akan berguna buat semua orang..
salam blogging

[L]ain said...

hoo gitu ya..
jadi klo kita nulis hasil copas, di dalemnya musti pake meta tag itu?

nuy said...

Ih, mbah google makin keren aja yaaa.. coba kita juga bisa make standout content itu =)

Anyway, apa kabar kaka? lama tak bersua =D

Djangan Pakies said...

Assalamu'alaikum
saya ndak bisa nambahin komentar Kang, justru penjelasan sampean ini merupakan hal baru bagi saya

NuellubiS said...

bro, dari dulu gw penasaran. koq lu bisa fasih banget soal2 beginian? lu kerja dimana sih? heheheh... btw lu kuliahnya jurusan IT yah fer? :))

Gaphe said...

jadi makin ribet sih, tapi nggak apa apa yang penting copyrightnya tetep terjaga deh..
met siang sob, lagi pemanasan buat blogjogging nih.. lamaa banget nggak ngeblog :)

munir ardi said...

aku boleh pasang nih dj nand soalnya sekarang kebanyakan conten saya sekarang coopas xi xi

fb said...

Jadi kalo copas tapi ada sumbernya masih boleh ya..

Rawins said...

berarti yang pasang script di meta tagnya yang dianggap penulis pertama walau dia nyomot punya orang dong..?

krozbonek said...

setuju cak, kalau begini jadi harus berpikir dua kali untuk copas :D

IbuDini said...

Tulisan saya bukan bagus-bagu amat tapi pernah juga yang ada yang copy paste.

Dan saya mencoba untuk tidak copy paste kecuali tentang tupperware...karna sama member jadi saya selalu copy paste dari sumbernya.

Sepertinya tak ada saran yang bagus utk ini, yang pasti dgn cara ini lebih bagus jadi gak ada lagi yang malas2 tapi mau tulisan bagus comot tempat orang.

Gimana kabarnya nich...moga sehat selalu dan selamat makan siang ya.

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian