Tuesday, November 20, 2012

[Upgrade] [CUSTOM ROM] [KERNEL] LG Optimus Me (P350) to Gingerbread Android 2.3.7 with GingerblurB V3


Untuk urusan Android sih sebenernya saya termasuk Froyo Lovers hahaha...

Dan klo ditanya kenapa? Jujur, karena saya nggak gitu suka User Interface yang ribet-ribet. *Mungkin klo ibarat Windows, saya masih lebih suka make Windows XP ketimbang Windows 7 atau Windows 8 hahaha...*

Apalagi setelah beberapa kali gonta-ganti ROM Un-official ke Gingerbread dan ICS, saya belum nemuin satupun ROM "LG Optimus Me (P350)" yang stabil untuk dipake setiap hari.*maklum lah namanya juga dari Un-Officials, mereka masih pada mau ngebikinin ROM aja saya udah seneng banget haha..*

Dan baru akhirnya secara nggak sengaja saya nemuin ROM "GingerblurB V3" buatan lalit_indoria yang kebetulan merupakan Admin dari Forum HackMyAndroid. Awalya sih, saya cuma isenk pengen nyoba aja, atau istilah lebih tepatnya gambling lah, klo cocok ya saya pake terus, klo nggak cocok ya tinggal saya Downgrade lagi ke firmware Froyo Originalnya LG hhe...

But wait, taaaa... raaa... nggak disangka, Gadget gratisan saya malah jadi jauh lebih cepet dari sebelumnya, dan setelah saya pake sekitar 2 atau 3 harian ini, saya berani nyebut ROM ini sebagai salah satu ROM Un-official tanpa Bugs (No Bugs), yang paling stabil untuk anda pake di Gadget "LG Optimus Me (P350)".

And Now, untuk anda yang kebetulan memiliki Gadget ini dan udah nggak sabar pengen ikut nyoba, nih sekalian saya bikinin tutorial lengkap cara Uprade atau Flashingnya buat anda... *itung-itung biar blog ini keliatan saya urus #Glunthang*

Ready? come'on kita let's go! :)

Pertama, sama kaya pas kita ng-upgrade Samsung Galaxy Y kemaren, yang mesti anda siapin adalah niat dan ke-ikhlasan. Niat dalam arti, jangan pernah ikut nyoba tutorial ini klo anda masih ngerasa ragu. Dan ikhlas dalam artian anda mesti siap nerima keadaan mati total, masuk ke fastboot mode start, stuck sampe boot animations, bahkan liburan make Gadget untuk sementara waktu, klo upgrade yang anda lakukan ini gagal.

Karena lagi-lagi saya peringatkan klo ini bukan ROM atau Firmware original resmi dari LG, dan segala macam kerusakan yang mungkin akan anda alami setelah melakukan upgrade atau Flashing ROM, sepenuhnya diluar tanggung jawab saya.

Cuma ya kaya yang pernah saya bilang, asal Gadget anda mati totalnya bukan karena kerusakan mesin atau Hardwarenya sih, sebenernya pasti bisa anda balikin ke keadaan normal lagi, soalnya saya juga udah hampir 3 kali saya ngalamin keadaan stuck, masuk ke fastboot mode start, bahkan pernah sampe saya liburin dulu tuh Gadget sakingnya saya belum sempet nge-normalin  lagi hahaha... intinya sih tergantung keyakinan masing-masing :)

Kedua, siapin gadget "LG Optimus Me (P350)" yang mau anda Custom ROM atau Flashing. Dan nggak masalah klo anda mau minjem Gadget orang lain untuk nyobain tutorial ini, yang penting anda yakin bisa ngebalikin Gadget itu dalam keadaan nyala atau bernyawa hhe...

Ketiga, silahkan cek dulu ke situs resmi LG untuk memastikan, klo pihak LG belum ngeluarin upgrade terbaru untuk Gadget ini. Karena klo ternyata udah ada, saya lebih menyarankan anda untuk menggunakan Firmware resmi dari mereka. *cuma setau saya Firmwarenya LG untuk seri Optimus Me emank udah mentok sampe Froyo doank sih*

Keempat, silahkan Download ROM GingerblurB V3 for LG Optimus Me (P350) melalui LINK DOWNLOAD INI *Dan sesuai permintaan yang bikin, saya nggak berani bikin mirror atau klo anda mau nyoba ROM yang lain, monggo cari ROM yang menurut anda pas, karena untuk urusan ROM sebenernya sesuai keyakinan masing-masing aja hhe...

Kelima, jangan lupa Doa dulu, sebelum melakukan sesuatu :)

Dan sekarang, saatnya saya ngasih step by stepnya untuk anda....

1. Root dulu gadget anda, karena disini kita membutuhkan akses superuser untuk membuat "Custom Recovery" dan melakukan Flashing ROM. Untuk caranya, yang paling gampang silahkan anda pake GingerBreak APK, atau terserah juga sih klo mau pake yang lain.

2. Khusus untuk anda yang belum pernah melakukan  Custom ROM, silahkan buat Custom Recovery terlebih dahulu, karena berbeda halnya dengan Samsung, LG nggak membekali keluarga Optimusnya dengan "ClockworkMOD recovery" dan karena hal ini banyak Developers dan Modders yang nganggap ini sebagai BUGS paling berbahaya yang justru dibuat oleh LG sendiri.

So, saya ingatkan lebih dulu untuk jangan sekali-kali mengikuti tutorial Flashing manapun sebelum anda membuat Custom Recovery apalagi klo anda masih pake stock ROM, karena mau anda mencet tombol "Volume Down + Call Button + Power Button" yang aslinya merupakan tombol untuk masuk ke Recovery Mode pun bakalan percuma, karena tanpa anda ngebikin Custom Recovery, klo anda mencet tombol itu, anda justru akan melakukan Hard Reset untuk gadget ini.

Jadi, sampai disini, saya persilahkan anda untuk membuat Custom Recovery terlebih dahulu, terserah mau pake cara apapun *monggo disearch aja.

Cuma, khusus anda yang masih awam untuk masalah scripting, silahkan ikutin tutorial simple saya ini aja..

Pertama, silahkan download ClockworkMod ROM Manager dari Google Play atau terserah mau dari link ilegal manapun, dan klo udah, silahkan Install dan buka aplikasi tersebut. Penampakannya kaya gini:


Kedua, pilih "Flash ClockworkMod Recovery", tapi sebelumnya pastikan bahwa anda sudah terkoneksi dengan internet dengan paket data maupun wi-fi, karena selanjutnya aplikasi ini akan mencari ROM yang sesuai dengan gadget anda, klo proses pencarian udah selesai, pilih "LGE-P350" dan tunggu sampe proses Download dan Instalasi kelar. Dan penampakan aplikasi tersebut akan berubah menjadi seperti ini:


Dan itu artinya "Custom Recovery" sudah sukses dibuat.

3. Setelah membuat "Custom Recovery". Tugas anda sekarang adalah menghubungkan Gadget ke PC/ Laptop yang sudah terinstall Driver LG Optimus Me (P350) dan copy file ZIP "Gingerblur_lalit_indoria.zip" ke root SDCARD anda,  inget di root jangan didalam folder apapun.

4 Cabut Gadget dari PC / Laptop dan buka lagi aplikasi "ROM Manager" yang tadi kita pake untuk bikin "Custom Recovery", karena kita akan masuk ke Recovery Mode dari aplikasi ini.

5. Pilih "Reboot into Recovery", dan tunggu proses reboot sampe terlihat penampakan kaya gini:

6. Dengan tombol Volume Up dan Volume Down silahkan pilih "wipe data/factory reset", dan tekan tombol Call, kemudian pilih Yes, seperti pada gambar dibawah ini:

Sampai terlihat penampakan berikut ini:


7. Pilih "wipe cache partition" dan lakukan seperti tadi, pilih Yes.





8. Kemudian, pilih "Install zip from sdcard" dilanjutkan dengan  "choose zip from sdcard", seperti pada gambar:

9. Cari file Zip ROM yang anda copy tadi, dan pilih dengan menggunakan Call Button, hingga proses Instalasi berlangsung, seperti berikut ini:

10. Tunggu hingga proses Instalasi selesai dan menampilkan penampakan seperti ini:

11. Terakhir, pilih ++++Go Back++++ dan dilanjutkan dengan "Reboot system now"
12. Selamat, jika anda mengikuti step by step yang saya berikan dengan benar, maka Gadget anda akan menyala di ROM Gingerbread Android 2.3.7 :)

Dan klo ditanya apa aja yang work di ROM ini, bisa saya katakan semua fungsi work dan berjalan sebagaimana mestinya, pokoknya belum ada Bugs yang saya temukan dari ROM ini, cuma untuk yang bermasalah sama Bluetooth silahkan download FILE INI dan flashing file tersebut dengan cara diatas.

Dan untuk Google Apps, ROM ini kebetulan nggak menyediakan Google Apps (seperti Play Store, Gtalk, Gmail, dll) jadi monggo anda cari dan Flashing sendiri dengan cara diatas.

Dan berikut beberapa screenshoot yang bisa anda liat-liat terlebih dahulu

  


  
 
 

Fiuh! kelarrr haha... Dan untuk Custom ROM gadget lain, tunggu sampe saya dapet tumbal Gadget baru haha...

Note: Kalo ada yang butuh Gapps monggo DOWNLOAD INI

Updated!: Untuk ROM ini saya nemuin Bugs di Audio Search dan sementara saya udah beralih ke ROM ICS (Android 4.0.4), jadi untuk Audio Search silahkan tunggu patch dari developernya, atau silahkan tunggu postingan-postingan saya yang selanjutnya hhe... :) - 23 Desember 2012

ROM LAIN:

Jelly Bean Android 4.1.2 with MiniCM10 ALPHA 3++


Masih banyak ROM lain yang lebih saya rekomendasikan dari ROM ini yang belum sempat saya posting...


ADA YANG MASIH MAU DITANYAKAN?

Monggo tanyakan di >> http://onoff.web.id/index.php (Kategori Android >> FAQ - Ask & Question)

Minna-san, ganbatte kudasai!


#Ngumpet lagi

53 komentar:

Muhammad A Vip said...

mainannya boleh juga, pihak LG dikasih tau nggak nih promo :D

thomy chur said...

gan galaxy ane matot gman cara masuk recoverynya gag mau diapa apain ni gan...tolong yah,,ane pakai samsung galaxy s551

Dhymalk dhykTa said...

wah....menarik nih gan..bisa hack android punyanya LG...

tp sy gak berani mainin S3 gw..sayang masih baru..hehehe

DJ Site said...

@ Muhammad A Vip : Haha... wong itu kebetulan karena HP udah berat kok, pengen di Install ulang malah nemu ROM yg stabil ywdh sekalian tak upgrade aja :D

Percumah brow, wong udah dibikinin petisi suruh bkn Firmware 2.3.7 untuk gadget ini gak dibikin2 :)

@ thomy chur: s551 tuh seri apa ya gan? setau saya adanya Galaxy 551 (Callisto) yg slide qwerty, klo Galaxy 551, masuk recovernya: matiin dulu:

Tekan tombol huruf T + tombol Power bersamaan. Untuk ke atas ke bawah pake tombol panah, terus untuk enter/ melakukan pemilihan pake tombol Shift.

Firmware atau ROM unofficial monggo cari di xda-developer atau googling aja :)

@ Dhymalk dhykTa: Klo masih baru sih nggak usah diapa2in juga masih enteng sob, punyaku kemaren udah berat banget Multitaskingnya makanya tak Flashing :)

Labbay Modjo Lelo Idjas said...

mintak sarannya donk sob.
Aku sebenernya pengen banget beli hp os android.
tapi yang bagus yang tipe apa ya.
Aku pengennya yang ada fasilitas wifi nya biar bisa internetan gratis kalo ada jaringan hot spot.
Dan juga yang pengen yang buatan samsung sob.
Tipe berapa ya yang bagus.
Makasih.

blp.net said...

izin menyimak isi artikelnya..

DJ Site said...

@ Labbay Modjo Lelo Idjas: Bagus dalam artian apanya nih sob? soalnya HP yg ber-OS Android jg kan ada kelas2nya ada yg Low end, Middle End, dan High Enf, klo High End sih mau merk aau type apapun pasti bagus hhe... klo low tergantung gimana kebutuhan kita, tp klo cuma yg ada wifinya hampir semua Gadget Android udh include fasilitas wifi kok hhe...

Beli yg bekas aja sob, udh murah2 kok yg 500rb-an udh banyak dikaskus :)

@ blp.net : Monggo gan..

Enggar Luky said...

kak ni hp ku salah nge rom nya kayakna juma bisa loding cyanogen 9 trus. gak mau idup. gmana ya??

Enggar Luky said...

kak hp ku salah ng rom cuma bisa sampe cyanogen mod 9. gak mau lanjut. cuma diem gitu terus. cara ngembaliin ke semula gimana. tolong jawabanya.makasih

Enggar Luky said...

kak punyaku eror gara'' salah nge rom. gmana ya cara memperbaikinya

DJ Site said...

@ Enggar Luky: Kamu pake ROM mana n dari developer siapa ya? soalnya ROM yg saya kasih di postingan ini CyanogenMod 7 bkn 9 :)

Klo CM9, saran saya coba pake yg Stable 3 kernelnya Kamesh, menurut saya sih untuk ICS CM9 itu yg paling stabil (next year saya posting)

untuk solvenya:

Klo udah muncul bootanimation (yg kamu bilang Logo CyanogenMod 9 itu) sebenernya sih kamu gak salah, cuma mungkin msh ada data ROM sebelumnya yg masih sisa

Solve 1: Matiin dulu HP-nya, cabut aja baterainya klo udah coba nyalain lagi, dan tunggu dulu sampe 10 menitan (tepatnya sampe ada rasa geter dari HPnya), soalnya rata2 butuh waktu 10 menitan untuk booting pertama kali setelah flashing ROM baru.

Solve 2: klo tetep bootloop dilogo itu2 aja, matiin lagi Hpnya, masuk ke recovery mode "Volume Down + Call Button + Power Button"

Wipe data+cachenya 2x, jadi wipe data, terus wipe cache, n ulang lagi prosesnya, baru install zip ROMnya... harusnya sih udah nggak ada masalah dan bisa nyala normal lagi

Solve 3: Klo tetep sama aja, coba flashing custom ROM lain...

Solve 4: klo nggak ngaruh juga, Downgrade dulu aja ke Froyo stock ROM pake KDZ updater (tutornya googling aja udah banyak yg nulis).

athar yaniar said...

masih awam belum mudeng sama sekali.

athar yaniar said...

masih awam belum mudeng sama sekali.

athar yaniar said...

masih awam belum mudeng sama sekali.

athar yaniar said...

masih awam belum mudeng sama sekali.

athar yaniar said...

masih awam belum mudeng sama sekali.

DJ Site said...

@ athar yaniar: baca dulu aja pelan2 ntar juga mudheng hhe.. :)

anday aku bisa said...

bugs tu ap ya artinya??

anday aku bisa said...

mbak, tujuannya diroot dulu biar ap y?
trus bugs itu ap si??

DJ Site said...

@ anday aku bisa : Bugs itu bahasa gampangnya error, atau dengan kata lain ada beberapa fungsi yg mestinya normal justru nggak bisa dipake :)

fungsi root untuk dapet akses superuser atau klo di windows dikenal dengan akses administrator, dan kenapa dibutuhin karena LG gak punya recovery mode dan untuk bikin recovery mode dibutuhin akses superuser.

JAWARA said...

bluetooth gak fungsi gimana?? Cara atasinya??

DJ Site said...

@ JAWARA : Masuk CWM recovery, pilih advanced, wipe dalvik cache and battery stats. reboot.

Kalo tetep nggak bisa juga re-flashing ROMnya. soalnya yg nggak work di ROM ini cuma voice search...

JAWARA said...

bro,setelah berhasil aku instal google play dan masukin account email sama password terus domainnya di isi apa ya??waktu masih froyo cuma email sama pasword tanpa domain gimana?trims.

DJ Site said...

@ JAWARA: domain apa tuh? Perasaan waktu pake ROM ini saya cuma masukkin username sama password Google Acc. Untuk msk Play Store. Bisa di screenshoot nggak biar saya bisa liat?

JAWARA said...

oke bro,ntar aku screenshoot dulu...

DJ Site said...

@ JAWARA: Okeh brow :)

Klo mau sabar nunggu sih sembari pake ROM ini, ada Gingerbread ROM kernel 35 (kernel baru) yang bakal saya share + ICS ROM yg udah stabil (klo Jelly Bean saya masih males nge-share masih nggak cocok untuk dipake harian hhe)

cuma belum pasti kapan saya sharenya, masih ngetest kernelnya soalnya

JAWARA said...

oke bro di tunggu ICS nya,sebenarnya ini jg lumayan gak lemot lagi tapi google play nya gak bisa di buka. Cara upload screen shootnya gi mana?

JAWARA said...

brow,rom ICS yg stabil buat lg p350 apa ya?

DJ Site said...

@ JAWARA : Yupz, cuma kalo buat gaming saya milih Oxygen ROM brow dari sekian banyak ROM Gingerbread unofficials hhe...

Terserah enaknya gimana, klo nggak repot boleh upload via picasa, photobuckeet atau apapun terus urlnya kasih ke koment postingan ini, atau kalo mau di email juga boleh, ke djnand.dj@gmail.com (cuma saya balesnya nggak janji cepet, tergantung kerjaan)

ICS, kalo yg bener2 stabil belum ada, mesti tambah ini itu (makanya saya nulis postingannya juga nunggu experiment pribadi kelar dulu), cuma Build 6 mungkin bisa dicoba... (lebih baik dari sisi RAM dibanding yg lain)

DJ Site said...

CM10 Usable here:

http://dj-site.blogspot.com/2013/02/upgrade-custom-rom-lg-optimus-me-p350.html

ENJOY....

dwi said...

rom manager nya harus yang premium kah??

dwi said...

rom managernya harus yang premium kah??

dwi said...

bang, yg "reboot into recovery" berhenti di logo LG nih. gimana caranya?

dwi said...

bang, yg "reboot into recovery' itu , berhenti di logo LG nih. gimana cara memperbaikinya?

DJ Site said...

@ dwi : Nggak kok, ROM Manager biasa juga boleh... :)

Udah bikin recovery belum? sampe muncul tulisan current recovery: CWM versi berapa gitu? kalo blm ya wajar stuck dilogo LG.

Cara balikinnya pake KDZ Updater, tapi sebelumnya download original firmwarenya dulu.

belajar cyber said...

om ane udh lakukan semuan langkah2 di atas, terakhir pas reboot system now ana pilih, trus reboot muncul logo LG trus LOGO tux di pojok trus layarnya hitam trus........???

itu gimana mas...

https://fbcdn-sphotos-f-a.akamaihd.net/hphotos-ak-prn1/540811_578806512129900_1636186101_n.jpg

DJ Site said...

@ belajar cyber : Nah sukses berarti klo udah ketemu sama logo linux dipojok kiri atas... itu normal kok tungguin aja 5-10 menit emang agak lama booting pertama dibeberapa ROM :)

rifcky viraz said...

Om kan LG ane udh d upgrade, trus gk bisa download gmail buat masuk k play store.
tolong kasi link nya dong?

rifcky viraz said...

Om kan LG ane udh d upgrade, trus gak bisa flash gmail buat masuk k play store.
Tolong kasi link nya dong?

DJ Site said...

@ rifcky viraz: Play Storenya force close atau nggak ada? coba flashing file Gapps ini via CWM

http://www.mediafire.com/?bm5d862782gm4cp

baru download lagi gmailnya via Play Store, klo nggak bisa koment lagi aja ntar saya kasih file Gmailnya :)

rifcky viraz said...

mksud nya cwm tuh gmn ? flash nya pke rom manager lg ??

rifcky viraz said...

mksud nya cwm gmn ? flash nya pke room manager lagi ?

DJ Site said...

@ rifcky viraz: CWM tuh recovery mode unofficial, udah bikin kan via ROM Manager? nah boot into recovery aja langsung... itu namanya CWM

rifcky viraz said...

Oh iya iya.
Trus sound recordernya eror, itu gmn cara benerin nya??

DJ Site said...

@ rifcky viraz: Nah, klo audio diatas udah saya bilang Bugsnya itu, dan developernya belum bikin patch apapun untuk ROM ini...

Jadi, klo mau sabar ya tungguin aja, atau klo saya sih lebih nyaranin pake ROM CM7 yg udah stabil kaya Unofficial atau Nightlynya RON, Oxygen ROMnya keyur, dll banyak di XDA :)

Unknown said...

Bang DJ Site, boleh Minta Original ROM Stok LG optimus me ny, enggak ?. Soalnya pengen ngembalikan lagi ke OS aslinya... mohon sekali, soalnya situs download ROM Stok LG P350 udah pada tutup semua. Trims Banyak...

DJ Site said...

@ Unknown: monggo download dari sini: http://onoff.web.id/index.php?topic=41.0

bukannya tutup, tapi urlnya diganti semua sama LG

marco said...

Wahh berarti masih butuhin pc juga yaaa buat copy file zip, gingerblur_lalit_indoria.zip.
SDcard nya apa perlu di partisi dulu yaaaa
trims jawabannya.

marco said...

Wahh berarti masih butuhin pc juga yaaa buat copy file zip, gingerblur_lalit_indoria.zip.
SDcard nya apa perlu di partisi dulu yaaaa
trims jawabannya.

marco said...

Gan sdcard nya dipartisi dulu ngak....

marco said...

Sd card nya dipartisidulu ngak....

DJ Site said...

@ marco: Nggak butuh pc juga bisa sih, tinggal download via HP. move ke sd card pake root explore juga bisa kok hhe... partisi suka2 gan, klo mau diswap atau pake link2sd monggo dipartisi

DJ Site said...

MAAF POSTINGAN SAYA LOCK.

UNTUK SEMENTARA SILAHKAN SAMPAIKAN PERTANYAAN, REVIEW, ATAU BUG MELALUI FORUM BLOG INI DI

http://onoff.web.id/index.php?board=26.0

Visit the Site
Welcome To dj-site.blogspot.com This Template Is Changed By DJ Site blogger template by DJ Site.