Saturday, October 1, 2011

Andai Pancasila Bukan Ideologi Bangsa Indonesia...


Selamat Malem Sahabat DJ Site Semua,

Gak kerasa udah weekend lagi aja hhe... dan gak kerasa juga hari ini kita udah masuk di Bulan Oktober aja, padahal pas barusan saya ngeliat arsip September kemaren, postingan yang saya publish di blog ini selama bulan September kemaren bahkan gak sampe 10 Postingan haha... *Makin keliatan bakat serabutannya haha...

Skip...

Okeh, karena bentar lagi saya mau langsung caw *baca = Hang Out, jadi acara Nostalgia serabutannya kita undur lain kali aja hhe... dan malem hari ini, secara khusus saya hanya ingin ikut memperingati Hari Kesaktian Pancasila lewat postingan ini.

Sebenernya sih pagi tadi saya udah sempet ngucapin Selamat Hari Kesaktian Pancasila di Google+, karena saya kira hari ini saya gak akan sempet nulis tentang Hari Kesaktian Pancasila itu di blog serabutan ini :) *karena saya-nya emank lagi ada urusan. Cuma karena ternyata saya masih punya waktu sekitar beberapa menit ini untuk sekedar nulis postingan singkat, So, kaya biasa kesempatan kaya gini gak akan saya sia-sia'kan sama sekali wkwkwk...

---

Eum, Ngomongin tentang Hari Kesaktian Pancasila, sebenernya tanpa perlu diingetinpun saya masih tetep inget sih klo Hari ini Indonesia Memperingati Hari Kesaktian Pancasila, soalnya dari kecil tiap tanggal 1 Oktober pasti didepan rumah saya udah dikibarin Bendera Merah Putih dari pagi-pagi buta, dan kebetulan yang tadi pagi ngibarin bendera itu adalah saya, karena tumben-tumbenan perut saya mules *biasa ngajak investasi emas haha dan bisa bangun dini hari *jam setengah 4 tuh masih saya anggap dini hari hhe...

Skip...

Sekitar jam 7 Pagi, akhirnya saya coba jalan-jalan ke sekitaran Komplek yang tujuan utamanya sebenernya cuma pengen ngeliat Upacara di sebuah SD deket rumah :) maklum saya kan emank gak kerja di Instansi pemerintahan, jadi gak mungkin juga saya kerajinan ngadain Upacara bendera sendirian :) dan ternyata seperti dugaan saya, anak-anak SD dengan pakaian Pramukanya itu emank lagi pada baris dengan budaya cengengesan Khas anak SD hhe...

Dan pas ngeliat mereka, sumpah saya jadi inget masa-masa saya kecil dulu, dimana tiap 1 Oktober sekolah reot tempat saya terpaksa belajar dulu *karena waktu kecil saya paling males yang namanya disuruh sekolah hahaa... emank selalu ngadain Upacara Bendera yang suasananya persis sama hhe... mungkin cuma satu yang beda, klo dulu Upacara cuma diiringin sama Suling+Pianika tapi sekarang Upacara udah diiringin sama Organ tunggal :)

Oiya, selain Upacara Bendera ada 1 lagi yang selalu ngingetin saya sama Hari Kesaktian Pancasila, yaitu film G30S/PKI yang selalu diputer sama TVRI tiap tanggal 1 Oktober, ya biarpun mulai zaman Reformasi TVRI udah berhenti nayangin film itu sih wkwkwk.. :) entah apa alasannya...

Yang pasti 2 hal sederhana yang mungkin gak begitu penting dimata anda itu, berhasil jadi pengingat sejarah untuk diri saya sendiri hhe... Yupz, hingga saat ini...

Dan saat makin dalam otak ini bekerja untuk mengingat sejarah kelam G30S/PKI tersebut, akhirnya saya kepikiran sama sebuah pertanyaan spontan yang sebenernya saya tunjukkan untuk diri saya sendiri yaitu, Apa yang terjadi andai Pancasila Bukan Ideologi Bangsa Indonesia? karena seperti yang sama-sama kita tau, Hari Kesaktian Pancasila memang kita peringati karena atas kesadarannya masing-masing bangsa Indonesia kala itu berhasil mempertahankan Pancasila sebagai Ideologi bangsa yang unsurnya hampir diganti dengan Ideologi Komunis. Biarpun I Know sebagai gantinya banyak Jendral besar yang gugur untuk membela Ideologi bangsanya ini.

Ada yang berani membayangkan, apa jadinya Indonesia jika Ideologi kita hari ini adalah Ideologi Komunis kaya China atau Rusia? saya sendiri, gak berani membayangkan, dan secara pribadi saya bersyukur karena Pancasila tetap bertahan sebagai ideologi Bangsa Indonesia hingga saat ini, bahkan hingga kapan pun....

Terakhir, Seluruh jajaran direksi serta staf DJ Site *saya doank, mengucapkan selamat hari Kesaktian Pancasila untuk kita semua... semoga pancasila gak hanya kita hafalkan tapi bisa juga kita amalkan dalam rutinitas hidup kita...

Buat Sahabat DJ Site Semua, Happy Blogging 'n Have a Nice Weekend... :)



8 komentar:

Munir ardi said...

sayang sepertinya gaung hari kesaktian pancasila semakin lama semakin menurun ya SOb, bahkan tak ada upacara atau apapun untuk memperingatinya

sda said...

hi2...aku masih hafal Pancasila gak ya?

tumben nostalgianya Kang, lengkap bener...
happy weekend juga :)

SaladineCode said...
This comment has been removed by the author.
SaladineCode said...

pancasila yg semakin dikhianati oleh bangsanya sendiri - penjahat berdasi sibuk dengan langkah politik dan kebijakan kapitalis - alhasil rakyat semakin tak mengenal manfaat pancasila

happy weekend

CahNdeso said...

Nampaknya Gaung Nasionalisme pun makin lirih...

DJ Site said...

@ Munir ardi : Mungkin klo sekedar Upacara biarpun gak serame dulu-dulu, aku liat masih tetep dilaksanakan khususnya di sekolah2, malah klo gak salah kemaren ada Upacara yang dihadiri sama pak SVY juga kok di Lubang Buaya biarpun cuma sebentar... mungkin Kesaktian Pancasila sekarang hanya dipandang sebagai perayaan simbolik karena kebiasaan kali sob, jadi banyak orang udah mulai melupakan maknanya :)

@ sda : Hayah... Coba mulai dari Sila 1 haha... :) Iya nih Mbak, mendadak inget jaman baheula aja haha.. :)

@ SaladineCode : Aku gak bilang semua pejabat negri ini berlaku demikian karena aku yakin masih ada lah 1 atau 2 orang yang punya niat murni membawa Negri ini lebih baik, tapi ya klo diliatnya sekilas mungkin bener pemerintah kita yang udah kurang perduli dengan Hari Kesaktian Pancasila yang akhirnya menyebabkan rakyat juga jadi kurang perduli..

Happy Weekend juga sob..

@ CahNdeso : Padahal Nasionalisme itu ada didiri setiap orang ya sob... :)

IbuDini said...

selamat hari kesaktian pancasila...terus terang saya lupa kalau tidak pada hari itu lihar siaran televisi tentang upacara memperingati kesaktian pancasia.

DJ Site said...

@ IbuDini : ealah... kok kita terbalik ya Mbak, si Mbak lupa sama hari Kesaktian pancasila, eh aku lupa sama Hari batik wkwkwk.... wes sama2 ndak inget klo gitu hhe...

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian