Friday, February 3, 2012

Rawins: Menulislah di Blog Sebelum Kamu Mati!

Ada yang ngerasa kenal sama Kang Rawins? Bentar kang tak inget-inget disik, Kang Rawins ki DPO Nusa Kembangan sing wingi maburrr udu??? Husss... ngawur, pernah dipenjara aja nggak, gimana bisa jadi DPO.... Weh salah uwong aku berarti haha... lha emank Kang Rawins ki sopo tah? kenal tah sampean? Eum, gak tau juga ya, soalnya dibilang kenal aku malah belum pernah ketemu terus peluk-pelukan ama orangnya kaya di Iklan "Kartu AS-nya Sule", tapi dibilang gak kenal pun, tiap kali ngeblog aku pasti nyempetin mampir ke blognya untuk baca tulisan-tulisan ngawurnya haha... jadi menurutmu aku kenal ato nggak? Lha klo gitu ya kenal namanya kang haha...

Lha terus yang bikin sampean arep ngomongi Kang Rawins ki opo tah kang? Nah, itu yang masih jadi tanda tanya saya sampe detik saya nulis postingan ini haha... Weh, sampean sing nulis-nulis dewe, lha kok malah sampean sing bingung-bingung dewe tah kang? Gimana klo aku ganti pertanyaannya jadi gini: apa kira-kira yang bikin sampean pengen nulis postingan ini? Nha klo itu agak gampang pertanyaannya *perasaan intinya sama daeh??? *GUBRAK!!! Eum... kemungkinan besar sih, komentar singkat dengan Background "Merah Jambu" diatas yang akhirnya maksa saya untuk nulis postingan ini :)

Jadi gini, abis nulis postingan berjudul: Google AdSense Beta Program Sudah Support Untuk Konten Bahasa Indonesia! barusan, kebetulan saya sempet-sempetin untuk mampir ke semua blog sahabat baik saya yang salah satunya adalah Mbak Anazkia, iya-iya yang suka pake Avatar anak kecil lucu pake kaos merah itu hhe... Nah, sampe sana kebetulan saya sempet baca dan koment di salah satu postingan berjudul Diskusi Kepenulisn FLP Malaysia yang ditulis sama si Mbak, Nah di Paragraf pertama postingan itu kebetulan saya nemuin kata-kata keren berikut ini:

"Menulislah, minimal satu buku sebelum tertutup ajalmu" - Asma Nadia


Gimana keren kan kata-katanya? hhe... Yupz, menurut saya kata-kata itu emank bener-bener keren dan bahkan sangat ngasih motivasi extra ganas supaya kita terus nulis dalam bentuk apapun bahkan menghasilkan buku klo bisa, tapi untuk saya yang gak gitu ngerti sama dunia tulis menulis dan cuma pengen nulis sesukanya ini, saya justru lebih kagum sama kata-kata spontan-nya Kang Rawins dikotak komentar postingan itu, yang isinya kaya gini:

"prinsip yang salah...
menulislah di blog sebelum kamu mati
buku mah terbatas dan harus beli
kalo di blog gratis dan bisa dibaca siapa saja
lebih merakyat...." -Rawins


Klo jadi Mbak Asma Nadia, mungkin saya udah buru-buru nyari gedung 150 lantai untuk locat indah atau nyari tembok beton terdekat untuk jedotin kepala ketika baca komentar itu, tapi untuk saya yang ngerasa agak-agak sepaham sama komentar itu, menurut saya sih kata-kata mereka berdua ya emank bener, bener dalam artian saya sependapat klo selama hidup, harusnya sih paling nggak kita pernah nulis biarpun hanya 1 paragraf, 1 kata atau bahkan 1 coretan yang mungkin hanya akan dibaca oleh satu orang, dan saya yakin anda semua pernah melakukan itu :) karena biarpun cuma nyoret-nyoret gak jelas di Tukang Foto Copy-an untuk nyobain pulpen *klo pas beli pulpen, saya yakin yang jagain Foto Copy pasti merhatiin coretan anda itu untuk mastiin klo pulpen yang dijualnya nyata, bener gak? dan buat saya itu udah sebanding dengan buku-buku best seller yang bisa dan bahkan langka anda jumpai di pasaran :)

Kenapa? karena salah satunya ya dari pulpen-pulpen itu buku-buku Best Seller yang anda jumpai hari ini berawal, dan melalui media lain semisal Blog kita masing-masing tentu... jadi, klo disuruh nulis minimal 1 buku sebelum menutup ajal, menurut saya masing-masing diantara anda pernah melakukannya, biarpun dalam artian ngawur saya yang menganggap coretan anda dengan sebuah buku Best Seller itu sebanding :)

Sampe disini, saya gak bilang saya gak minat untuk nulis buku lho ya, soalnya klo boleh jujur dari tahun-tahun lalu pun saya udah punya niat untuk bikin buku, tapi begitu muncul pertanyaan singkat berikut ini di otak saya, saya mendadak membatalkan niat saya:

"Masa cuma buat baca tulisan lu aja, orang mesti beli buku lu? emank gak bisa tuh tulisan di share Gratis? biar bisa dibaca dirubah dan diakui seenaknya gitu sama orang lain tanpa perlu ngeluarin biaya sama sekali?"


Dan sampe disitu, akhirnya tulisan itu gak pernah saya selesain sampe detik ini, bukan karena saya gak yakin tuh buku bakal ada yang beli, tapi karena suatu saat nanti klo bisa saya mau ngasih softcopynya secara Gratis untuk dibaca melalui blog ini :) So, melanjutkan kata-kata mereka berdua, saya mau bilang Tulislah Ketiklah, atau klo gak bisa juga, Coretlah sesuatu yang bisa dilihat minimal oleh satu orang sebelum tertutup ajalmu (mati), biarpun saya yakin hal itu sudah anda semua lakukan sebelum saya menulis postingan ini :)

---


Ratings: 5

14 komentar:

Tomo said...

pernah denger namanya
tapi tatap muka belum blas cak

Pakies said...

assalamualaikum Kang. kang Rawin kenal donk tuh bapaknya si krriwil Citra. eh sampean yo kriwil juga kan hhh. saya setuju kang walo mdak menghasilkan cring kalo tulisan kita memberikan kemanfaatan bagi orang lain itu melebihi best seller buku harganya

Sobat Bercahaya said...

Nulis terus di blog siapa tau kaya yang sudah2 nanti ada yg nawarin di bukukan, jadi yg mau gratisan ya monggo yg mau beli bukunya juga dipersilahkan.

Deeah Zone said...

menulis itu bekerja untuk keabadaian..bener juga, lewat tulisan mas Rawins diatas..dan DJ-Nan! buku harus ngeluarin uang tuk beli..sedangkan blog lebih merakyat dan free, tulisan bisa di share dan dibaca oleh siapa saja, dikomentari, kritik, dsb..bahkan bisa di copas dan jadi milik publik, buku- sisi baiknya bagi mereka "penulis" adalah royalti.. dan jeleknya bagi yang gak mampu, nggak bisa menikmati tulisan karya mereka. Makasih Ferdinand dah di share!

Lalu Abdul Aziz Mhd said...

Mungkin agak mirip dengan slogan "Ikatlah ilmu dengan menuliskannya dan amalkan ilmu dengan berbagi di blog". Nice post sob...

Una said...

Sing penting nulis... hehehehe...
Kang Rawin itu sopo sih?
Kenalinnn donggg...

Zippy said...

Kalo saya sih lebih sependapat dengan mas Rawins :D
Intinya sih kita menulis itu gak hanya terpaku pada 1 media aja.
Kalau buku, hanya kalangan terbatas aja yang bisa baca, kecuali bukunya free ya.
Kalo blog? Wah, hampir semua bisa baca, apalagi mayoritas penduduk di dunia sudah melek internet :)

narti said...

yg penting nulis aja Kang...
yg nerbitin buku buat penyemangat kita, walaupun kita mewujudkannya dalam bentuk berbeda.

tapi kalau melihatnya dari segi bisnis tentu beda lagi yah. Kembali ke masing2 aja deh :)

Indra Kusuma said...

Benar Kang, yang terpenting kita terus dapat berkarya dalam tulisan di blog dan selalu dapat dinikmati oleh orang banyak untuk berbagi informasi pengetahuan untuk kebaikan.

Sukses selalu
Salam
Ejawantah's Blog

obat alami untuk usus buntu said...

Rawins iku sopo/opo mas??
Rawins iku panganan sg nganggo kluwek udu mas?
:Dhhaha v'piss, infonya mantap...

Rawins said...

hahaha komeng ngawur aja dibahas
tar kalo komeng itu ada yang nerbitin trus jadi beseler
aku harus bayar royalti dong...

Nyayu Amibae said...

hmmmm.....aku jadi ga bisa berkata2 karena nih otak dah langsung muter n berpikir,, tapi aku setuju sob,, bagaimana cara nya bermanfaat untuk orang lain itu yg penting,, tanpa pamrih seperti kita ngeblog ini,, jadi kepikiran,, kira2 nanti ada ga ya yg ingat blog CH klo kira2 aku dah dapat undangan dari Allah SWT,, hehehe... kok aku malah mikir aneh2,, hmm.. enjoy nge-blog aja deh.. semangaaat.........

Ratnawati Utami said...

yang komeng nyante wae kok. namanya saran itu hanya sunnah. sunnah itu baik untuk dijalani ditinggalkan gak apa-apa.

aku juga nyicil bikin buku di blog wp, tapi yang tanpa ngrasani soalnya di blogku yang renungan itu belajarnya dari di maki orang, diblokir sesama blogger di fesbuk, mention di twitter gak dibales. kalo aku nyebutin namanya huaaaah... perang dunia ntar...

PW said...

Waduh, intinya harus nulis walau gak laku.. hehe...

Inspiratip banget,

Btw... YUI emang mak nyusss,,,

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian