Wednesday, December 1, 2010

Selamat Hari AIDS Sedunia...


Sore....

Lho koQ nongol lagi toh Kang? haha... kan saya udah bilang mau posting lagi hhe... Ocre setelah barusan kita ngomongin tentang Stasiun TV baru di postingan Alam Bali TV, Green TV From Bali. Kali ini saya mau ngajak anda ngobrolin masalah yang lebih kompleks *jiah bahasa lu Bozz, udah kaya Anggota Hewan aja wkwkw... Emank mau ngomongin apa toh sekarang?

Sabar, kata Kang Trimo *Baca Djangan Pakies gak boleh sradak-sruduk dan buru-buru hhe... jadi mending kita bersulang dulu... Cheersss... (glek..glek..glek...) *Kembung-kembung dah tuh haha...

Ocre, sore ini saya mau ngajak anda ngomongin tentang HIV/AIDS. Yupz, postingan ini sekaligus saya dedikasikan untuk menghormati para Penderita AIDS :P soalnya hari ini Hari AIDS Sedunia...

Agak serem mungkin klo ngomongin tentang AIDS hhe... tapi karena setiap tahun penderita AIDS semakin meningkat di berbagai Negara termasuk Indonesia, kayanya ada baiknya kita sedikit membuka mata kita dan memperhatikan mereka *para penderita AIDS ...

Alhamdulillah, saya sendiri gak terjangkit Virus HIV atau menderita AIDS dalam kadar parahnya dan selama ini temen-temen saya pun kayanya gak ada yang mengidap AIDS. mungkin klo di Indonesia Penderita AIDS terbanyak ada di wilayah Papua kayanya, malah waktu itu klo ada yang masih inget ada berita tentang TNI yang kena HIV di Papua... semoga gak bertambah :P

Tapi bukan berarti saya gak pernah berhadapan sama orang yang Terjangkit HIV *harap dibedakan Penderita AIDS berbeda dengan orang yang hanya terjangkit virus HIV... di acara-acara sosial biasanya Penderita AIDS dan orang-orang yang terjangkit HIV sering hadir karena biasanya mereka lebih perduli sama sekelilingnya...

Dan yang sering jadi pertanyaan temen-temen saya, apakah mereka berbahaya? buat saya sih mereka sama aja kaya kita, toh penyebaran Virus HIV juga cuma bisa terjadi melalu darah dan hubungan Sekual kan... dan klo cuma kita meluk atau makan minum pake Gelas mereka mah kita gak akan ketularan kali... emank virus Influenza.... haha...

Dan barusan waktu lagi keliling bacain satu-persatu berita yang jadi TT hari ini, ada satu berita yang menurut saya bagus. Untuk itu, sekalian aja saya posting untuk anda...

Judulnya 9 Mitos tentang HIV/AIDS, emank apaan aja kang?

1. Mengidap HIV berarti menderita AIDS

Mungkin ini adalah mitos paling populer. Banyak orang menganggap terinfeksi HIV berarti menderita AIDS. Human immunodeficiency virus (HIV) adalah virus yang menghancurkan sel-sel kekebalan tubuh seperti sel CD4 yang berperan membantu melawan penyakit. Dengan pengobatan yang tepat, Anda bisa mengidap HIVselama bertahun-tahun, tetapi tidak berkembang menjadi AIDS. Untuk bisa sampai ke tahap AIDS (acquired immunodeficiency syndrome), Anda harus mengalami infeksi oportunistik atau jumlah sel CD4-nya di bawah 200 per milimeter kubik.

Saya rasa banyak yang baru tau, soalnya saya pun baru tau tentang hal ini tahun lalu hhe... dulu saya pikir HIV sama AIDS itu sama hhe...

2. HIV dapat menular melalui kontak biasa

Faktanya, seseorang tidak akan tertular atau menyebarkan HIV hanya dengan memeluk orang lain, memakai handuk, atau memakai alat makan yang sama. HIV dapat menyebar melalui kebiasaan atau perilaku seks tidak aman, memakai jarum suntik bersama-sama, atau menato tubuh dengan alat yang tidak steril.

Camkan baik-baik... anda gak akan tertular sekalipun minum dari gelas yang sama dengan Penderita AIDS

3. Pengidap HIV berumur pendek

Setiap pengidap HIV akan mengalami hal yang berbeda-beda. Beberapa pasien mungkin akan sampai pada tahap AIDS hanya dalam beberapa bulan saja karena virus HIV dengan cepat melemahkan sistem kekebalan tubuhnya. Namun, ada pula pasien yang bisa bertahan selama bertahun-tahun walau tubuhnya mengidap HIV. Jadi, mereka sebenarnya mempunyai harapan hidup yang sama. Pasien dapat melakukan pencegahan agar HIV tak berkembang menjadi AIDS dengan selalu berkonsultasi dengan dokter dan mengikuti rekomendasi medis.

Ini cuma Mitos, itu kenapa anda justru perlu menyemangati mereka, bukan menjauhi mereka.... :P

4. Anda tahu positif HIV karena merasakan gejalanya

Beberapa pasien tidak menunjukkan gejala apa pun setelah selama bertahun-tahun terinfeksi HIV. Namun, sebagian lagi mengalami gejala hanya dalam kurun waktu 10 hari hingga beberapa pekan setelah terinfeksi. Gejala yang muncul pertama kali mirip dengan flu atau mononucleosis disertai demam, kelelahan, ruam, dan sakit tenggorokan. Gejala-gejala tersebut biasanya menghilang setelah beberapa pekan dan mungkin tidak akan mengalami lagi gejala itu selama beberapa tahun. Satu-satunya cara memastikan apakah Anda terinfeksi HIV adalah menjalani tes atau screening.

HIV gak menimbulkan gejala apapun....

5. HIV dapat disembuhkan

Hingga saat ini belum ada obat yang mampu menyembuhkan HIV. Pengobatan hanya sebatas untuk menjaga agar kadar virus tetap rendah dan membantu mempertahankan sistem kekebalan tubuh.

Semoga aja suatu hari nanti obatnya bener-bener tercipta AMIN...

6. HIV hanya menginfeksi kelompok berisiko

Faktanya HIV dapat menginfeksi siapa saja. Pria, wanita, anak-anak, baik yang gay maupun straight. Data di Amerika Serikat, misalnya, kalangan pria yang melakukan hubungan seks dengan sesama jenis berisiko hingga 53% terinfeksi HIV. Kaum wanita menyumbang 27 persen infeksi baru, sedangkan anak-anak menyumbang 13 persen infeksi baru. Sekitar 50 persen kasus baru HIV setiap tahunnya di AS disumbangkan oleh kaum Afro-Amerika.

Saya ulangi Siapa saja...

7. Seks menjadi aman untuk sesama pengidap HIV

Ketika Anda dan pasangan sama-sama terinfeksi HIV, bukan berarti Anda tidak perlu lagi memerhatikan faktor keamanan saat berhubungan intim. Menggunakan kondom atau karet pengaman lain dapat membantu melindungi Anda dari penyakit menular seksual lainnya, selain juga mencegah penularan strain virus HIV lain, yang mungkin resisten terhadap obat anti-HIV. Meskipun Anda sedang menjalani pengobatan atau merasa sehat, Anda tetap berisiko terinfeksi.

Hubungan seks diantara pengidap AIDS ternyata tetap beresiko

8. Bayi dari ibu yang terinfeksi sudah pasti positif HIV

Ibu yang terinfeksi bisa menularkan HIV kepada bayi yang dilahirkannya ketika proses kehamilan ataupun persalinan. Tetapi, risiko ini dapat ditekan dengan cara bimbingan dokter dan mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat dari dokter. Wanita hamil yang mengidap HIV dapat menjalani pengobatan untuk mengendalikan infeksi an melindungi sang bayi dalam rahim dari risiko tertular virus.

So, Jawabannya belum tentu si bayi ikut terjangkit...

9. Anda dapat mencegah infeksi lain terkait dengan HIV

Karena melemahnya sistem kekebalan tubuh, mereka yang terinfeksi HIV menjadi sangat rentan terhadap beragam jenis infeksi, seperti pneumocystis pneumonia, tuberculosis, candidiasis, cytomegalovirus, dan toxoplasmosis. Cara terbaik untuk menekan risiko adalah menjalani pengobatan HIV dengan disiplin. Sejumlah infeksi dapat dicegah dengan obat-obat tertentu. Anda juga dapat menekan risiko dengan menghindari kontak dengan kuman melalui sejumlah perilaku, seperti tidak memakan daging setengah matang dan tidak meminum air yang terkontaminasi.

Sumbernya bisa anda baca di Kompas.com kategori health atau KLIK DISINI

Terakhir, semoga di hari AIDS ini makin banyak orang yang sadar dan meninggalkan Seks Bebas serta DRUGS agar bisa mengurangi resiko HIV/AIDS ... :P

Buat Sahabat DJ Site Semua, Happy Blogging :P


19 komentar:

ChugyGogog said...

Saya kira hiv = AIDS sama saja, kenyataannya ternyata berbeda, kalau orang HIV blm tentu AIDS ya ... jadi tahu ni penyakit satu ini!!! untung dilingkungan saya kayanya blm ada yg terkena penyakit kaya gini BRAD....

Malam Brad happy Blogging and sukses slalu.

Belantara Indonesia said...

Ini penyakit tak bisa di hindari jika suda terjangkiti dgn perilaku apapun. Jauhi lah hal yng bisa buat aids menimpa....dan jangan jauhi para penderitanya. Karena mereka sangat berat menyandangnya. Jadikan contoh baik agar kita terhindar....semoga lekas sembuh ya sob..halah.....pulsa habis kok kena aids ya...kwwkkwkwwkw

BLOG-SANTAI said...

wow.. Kasian yg dapet tugas ke daerah sana klo ada yg kena virus HIV.
Tapi apa boleh buat, sepertinya akibat ulah mereka sendiri
Nice info sob.. Ane jadi ngerti dikit perihal HIV ini

Common Cyber said...

Salam Sahabat Comon Cyber
*************************

Semua alhamdulillah sudah tahu sejak lama, kyknya SMP, solanya dulu ikut PMR..
Tp 7 dan 8 baru tahu.
Terutama yg ibu elahirkan, saya kira bakal 99% kena HIV. hehehehehe....

Oh ya mas, yg jadi TT di mana mas?

Ahmad Fattah Bumi said...

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
------


Walaupun sebagian besar di atas saya sudah tahu,
Tp jujur kadang, sering malahan ding, saya jadi kepikran takut sendiri kalau dekat ama penderita HIV (jahat ya akh?)..

Lha wong soalnya sy jugabelum pernah ketemuan langsung ama penderita HIV..hehhehe

------

صَلَّى اللّهُ عَلَى مُحَمَّد - صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّم

dee said...

Mari dukung kampanye melawan Mencegah dan melawan HIV AIDS.. dari diri sendiri, mulai lebih sadar dan aman:D Makasih dah di share DJ-Site! Sukses selalu Ferdinand

Meutia Halida Khairani said...

beberapa hal diatas perasaan pernah baca.. pantesan hari ini banyak bgt baca artikel ttg AIDS. semoga kita ga akan pernah terjangkit penyakit yg 1 ini. amin

Tomo said...

selamat hari AIDS sedunia buat semuanya

kisah abu nawas said...

slam sob
aids harus dicegah sedini mungkin

Gaphe said...

Siap!.. infonya semoga memperbaiki banyak yang masih salah kaprah tentang HIV/AIDS. Soalnya masih banyak orang yang menghindari ODHA.. padahal kan mereka bukan sesuatu yang wajib dihindari.

rizal said...

AIDS memang penyakit yang sangat menakutkan...yang paling bagus dilakukan adalah menghindari hal2 yang menyebab terjangkitnya virus HIV...

thank info sob

sibutiz said...

saya sudah tebak pasti ini keren lagi tulisanya dn ternyata bner gan...
alhamdulliah juga di lingkungan saya belum ada penyakit menakutkan itu...

fb said...

Semoga bisa cepet ketemu obatnya ya

Coretan Hidup said...

Semoga pengetahuan tentang HIV AIDS ini semakin meluas sehingga masyarakat awam pun jadi tahu bagaimana tindakan preventif yang harus dicegah

ReBorn said...

wah, gila. untung gue ga mostingin ini kemaren. ghahaahah. sumpe deh, kemaren gue mau nulis tentang ini. menurut gue juga ini berita yang penting banget. untung gue kemaren sibuk. :D

aliem said...

mampir... eh, tapi blog ini aman dari HIV kan...??? hahahaha

YU^DY said...

ngomong2 mas Dj-Site yg mana nih diantara gambar2 keren diatas??
Wkwkwk

saidiblogger said...

hari aids sedunia berarti memperingati untuk mencegah aids! bukan menjauhi pengidapnya...

DJ Site said...

@ ChugyGogog: Iya Sob.. klo orang kena Virus HIV belum tentu menderita AIDS... :P

@ Belantara Indonesia: paling baik emank berusaha Menghindarinya .... halah... pulsa'ne sopo ki seng Ntek haha..

@ BLOG-SANTAI : sebenernya klo pas tugas mereka gak macem2 ya gak masalah juga hhe...

@ Common Cyber : Wah ternyata dari SMP udah diajarin ya haha... maklum SMP ku kan jaman kapan tau hhe.... TT di Portal Berita bukan Di Twitter hhe..

@ Ahmad Fattah Bumi : Awalnya aku kira juga mereka bahaya, tapi setelah ketemu dan kayanya normal2 aja ya kaya temen2 biasa aja.. biarpun ketemunya cuma klo di Acara Sosial gitu..

@ dee : Yupz, bener tuh Dee :P

@ Meutia Halida Khairani : AMIN :P Dan jangan sampe klo bisa hhe...

@ Tomo: Suwun wes ikut menyemangati mereka Cak..

@ kisah abu nawas : Betul Sob..

@ Gaphe: Bener Sob... malah harus kita semangati he...

@ rizal : betul sob.. lebih baik kita mencegahnya ...

@ sibutiz : Alhamdulillah sama sob hhe... dilingkunganku juga gak ada

@ fb : I Hope So..

@ Coretan Hidup : Aku harap begitu Sob.. makanya aku posting sekalian hhe..

@ ReBorn: Lha emank knp klo lu mosting juga haha..

@ aliem : Huahaa... bisa aja kowe liem,,,, lha nggeh aman pastinya..

@ YU^DY : Foto dimana nie? di FB ya? aku yg pake batik he..

@ saidiblogger : Itu intinya Sob.. makasih ditambahin hhe...

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian