Wednesday, November 9, 2011

1 Jam Bersama Mark Zuckerberg


Selamat Pagi Sahabat DJ Site Semua,

Ehm... Udah pada siap-siap buat mulai aktivitas nih kayanya haha... Okeh deh, saya ucapkan selamat beraktivitas untuk anda semua yang baru mulai mantengin kerjaannya masing-masing hhe... Klo saya, kebetulan mau ng'refresh otak dulu sebelum mulai beraktivitas, makanya pagi-pagi buta saya udah nulisin Blog Serabutan ini haha... :)

Lanjut, postingan saya pagi ini sebenernya masih merupakan kelanjutan dari postingan Berjudul: "Zuckerberg: Melalui Google+, Google Sedang Membangun Versi Kecil dari "Facebook Mereka" sendiri" yang sempat saya tulis semalem. Yupz, karena berita streaming yang saya tonton kemaren sore, durasi aslinya sebenernya hampir sekitar 1 Jam (60 Menit), cuma karena seperti yang saya bilang kemaren, klo perut saya lagi bener-bener laper, jadi keseluruhan isi dari berita itu saya potong dan hanya salah satu wawancaranya aja yang saya ceritain kepada anda hhe...

Dan pagi ini, mumpung masih punya banyak waktu, saya mau kembali menceritakan lanjutan berita tersebut kepada anda semua.

Wawancara Charlie Rose dengan CEO Facebook, Mark Zuckerberg di TV PBS yang berlangsung sekitar 1 Jam pada senin malam kemaren, sebenernya gak hanya ngebahas tentang persaingan antara facebook dan Google+ dalam ranah Social Networking, karena lebih dari itu Mark Zuckerberg sebenernya ikut mengkritik Yahoo dan Microsoft karena telah banyak menggunakan data dan informasi pengguna mereka secara sembunyi-sembunyi.

Dan untuk lebih jelasnya, berikut beberapa highlights berita yang berhasil dirangkum oleh tim redaksi DJ Site: *Iya saya doank maksudnya

GOOGLE AND YAHOO AND MICROSOFT, OH MY!:

Dalam wawancara dengan Charlie Rose tersebut, Mark Zuckerberg sempat mengatakan bahwa selama ini, Google, Yahoo dan Microsoft dipastikan telah mengumpulkan jauh lebih banyak Informasi tentang pengguna mereka(facebook) dari pada pengumpulan informasi yang dilakukan oleh pihak facebook sendiri. Dan tujuannya, jelas untuk menayangkan hasil pencarian yang lebih real time dan relevan dalam "Search Engine" mereka masing-masing. Salahkah? Mark Zuckerberg tidak mempermasalahkan hal itu, tapi ia mengkritik Google, Yahoo dan Microsoft karena melakukan pengumpulan data dibelakang mereka, dan tidak terlebih dahulu meminta izin resmi dari mereka. So, klo selama ini banyak yang mengatakan bahwa tingkat Privacy pengguna facebook sangat minim, saya salah satu yang akan menganggukkan kepada dan mengiyakan pernyataan tersebut hhe... Karena lebih jauh lagi, Mark Zuckerberg akhirnya mengeluarkan pernyataan berikut:

"Anda dan semua informasi menyangkut diri anda akan tersedia di Web, karena mereka (Google, Yahoo dan Microsoft) telah mengumpulkan informasi tentang diri anda, tanpa pernah anda sadari sama sekali"

Dan dalam wawancara tersebut, Zuckerberg sempat mengkritik layanan Google Dashboard yang dibuat oleh Google beberapa waktu lalu, karena layanan yang katanya dibuat untuk mengumpulkan semua informasi diri anda itu nyatanya memang tidak pernah menarik minat siapapun, karena data yang dihadirkan memang hanya menghadirkan sedikit informasi yang juga kurang aktual.

FACEBOOK PROVIDES THE MOST CONTROL:

Bicara tentang kebijakan facebook, menurut Zuckerberg itu benar-benar bicara tentang kontrol yang ingin mereka buat. Dan selama ini facebook dinilai sudah memberikan kontrol yang sangat-sangat mudah untuk para pengguna-nya dalam artian mereka tidak akan terlalu mengekang para penggunanya dengan banyak aturan. Karena pada awalnya facebook memang hanya dibuat dan dikhususkan untuk anak-anak di Perguruan Tinggi yang hanya menggunakan komputer mereka untuk facebook dan sesekali untuk membuka E-mail, yang diluar dugaan, kini facebook telah tersedia untuk umum dan telah digunakan oleh hampi 800 juta pengguna diseluruh dunia.

FACEBOOK AND CALLER ID?:

Biarpun bukan pengguna facebook dalam artian saya memang sudah tidak pernah membuka akun facebook saya lagi, dalam beberapa hal saya masih lumayan mengikuti berita dan perkembangan terbaru serta tools-tools yang dibuat oleh facebook. Dan Caller ID mungkin salah satu layanan yang cukup menarik perhatian saya karena salah seorang pemerhati teknologi pernah mengkritik layanan ini karena dinilai melanggar hak privasi pengguna facebook, but itu masa lalu, karena hari ini fitur Caller ID justru menjadi fitur utama yang diharapkan dapat dimiliki semua orang di ponsel mereka.

STEVE JOBS:

Menurut Mark Zuckerberg, "Steve Jobs luar biasa!" bahkan beliau merupakan salah satu motivator facebook yang mengajarkan kepada mereka "bagaimana cara membangun sebuah tim yang solid untuk bisa berfokus pada tujuan untuk membangun produk berkualitas tinggi serta bagaimana untuk menjaga sebuah perusahaan agar tetap fokus pada misi awal mereka. Dan ketika ditanya tentang minat Steve Jobs untuk mengakuisis facebook beberapa waktu sebelum kepergiannya, Mark Zuckerberg mengatakan bahwa hal itu tidak akan pernah terjadi, karena Mark Zuckerberg tidak pernah berencana untuk menjual facebook. Dan Mark mengaku sangat tersentuh dengan sebuah kutipan dalam biografi Steve Jobs yang dirilis beberapa waktu lalu dimana Jobs mengatakan bahwa dirinya mengagumi facebook dan Mark karena mereka tidak pernah ingin menjual facebook kepihak manapun.

ONE BILLION STRONG:

Seperti yang kita tau, saat ini facebook memiliki sekitar 800 Juta pengguna diseluruh dunia, angka yang sempat turun ke angka 750 juta pengguna diawal kemunculan Google+ beberapa waktu lalu, dan kembali merangkak naik, yang diharapkan Mark akan mencapai angka 1 Miliar pengguna diseluruh dunia. Dan menurut Mark itu akan menjadi hari yang sangat istimewa baginya, yaitu hari dimana facebook resmi memiliki 1 miliar pengguna.

CHINA:

Menurut banyak pemerhati IT, satu-satunya negara yang bisa mewujudkan impian Facebook untuk memiliki 1 Miliar pengguna dalam waktu dekat adalah China, tapi sayangnya Social Networking dilarang digunakan di Negri tirau bambu tersebut. Dan ketika ditanya tentang hal itu Mark menjawab bahwa saat ini mereka hanya akan berfokus pada negara-negara dimana masyarakatnya menerima keberadaan mereka *Indonesia salah satunya hhe...

ARAB SPRING:

Disisi lain, Mark pun setuju ketika ditanya apakah facebook punya andil dalam memerdekakan bangsa-bangsa timur tengah, karena menurutnya facebook cukup memberikan banyak ruang bagi para masyarakat yang terpinggirkan oleh pemerintah untuk membentuk jaringan yang lebih kuat dimana mereka bisa mengkritik atau bahkan menentang kebijakan pemerintah yang dinilai kurang tepat.

FACEBOOK IPO:

Mengenai hal ini, Mark hanya mengatakan bahwa dalam waktu dekat facebook akan go public dalam artian yang masih tersembunyi dan masih belum dapat ditebak oleh media dan pemerhati IT.

WHAT'S NEXT:

Dalam waktu dekat Mark berencana mengadakan kerja sama dengan perusahaan seperti Netflix, Hulu, dan Spotify, untuk memberikan fitur yang jauh lebih hebat lagi untuk memanjakan para penggunanya.

Itu mungkin sebagian isi Wawancara Charlie Rose dengan CEO Facebook, Mark Zuckerberg di TV PBS yang sempat saya tonton secara streaming kemaren sore dan baru sempat saya bagikan kepada anda pagi hari ini. Sayang Videonya gak bisa di Download, jadi saya gak bisa ngasih wawancara lengkapnya kepada anda hhe... tapi point-point diatas menurut saya udah cukup memberikan gambaran tentang apa isi wawancara tersebut, karena hampir semuanya udah saya tulis diatas.

Okeh, karena udah mulai siank dan karena saya juga harus memulai aktivitas, jadi postingan kali ini saya cukupkan sampai disini, dan klo ada yang mau nambahin, saya persilahkan dikotak komentar... Dan terakhir sebelum pamit, kaya biasa kita bersulang dulu.... Cheeerrss.... (glek...glek...glek...)...

Buat Sahabat DJ Site Semua, Happy Blogging 'n Have a Nice Day... :)

#Facebook #Interview

8 komentar:

TUKANG CoLoNG said...

padahal twitter juga booming, tapi kok pembuatnya ga sebeken mark ya? menurut kamu gimana fer?

k[A]z said...

wahh saya bengong lihat infonya :)

Ejawantah's Blog said...

Selagi untuk bertujuan yang positif maka semua itu dapat berguna untuk perkembangan dunia informasi.

Sukses selalu
Salam
Ejawantah's Blog

narti said...

isi wawancaranya mantap (terlepas dari saling menilai), hehe...

Baha Andes said...

FB emang benar2 fenomenal ya kang. Fb selalu mengupdate fasilitasnya tapi sekarng2 ini aku mulai berkurang jam terbang akses fb. lebih suka make twitter dan juga yahoo ( klo yahoo kayanya akan senantiasa setia)

Asis Sugianto said...

perbincangan yg hangat bersama mark zuckerberg....

r10 said...

kesanku terhadap orang2 seperti Mark Zuckerberg dan steve jobs adalah mereka jenius sekaligus sombong

Villa saraswati seminyak said...

Kita patut berterimakasih kepada Mark Zuckerberg yang telah menciptakan jejaring sosial ternama dunia yaitu Facebook.

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian