Monday, November 7, 2011

A Tribute To "Maria Salomea Skłodowska - Curie"


Selamat Malem Sahabat DJ Site Semua,

Huaaahh.... *nguap sambil ngucek-ngucek mata Heran! tiap hari senin kok perasaan jarum jam tuh lama banget muternya, padahal dari tadi badan udah pada protes ngajak nyari tempat yang empuk-empuk haha... Lha emank kerjaanmu ki urung rampung toh kang? opo agi ngelembur malahan? Mending amat lagi ngelembur, orang nginjek ubin kantor aja baru dari jam 3 Sore :) Weh... lha kok tumben sore-sore baru mulai kerja? emank abis nyate semalem sampean ketiduran sampe siank toh? Huss... ngawur... dari subuh juga saya udah bangun, cuma karena pagi tadi saya ada janji sama temen saya di "Mangga Dua" jadi ya baru sore saya bisa ngeliat project lagi :) Itupun kayanya gak akan saya tuntasin hari ini, orang dikit lagi niatnya saya mau langsung pulang kok *LOL

Okeh, sebelum berangkat pulang, mumpung lagi sempet malem ini saya mau sedikit ngebahas tentang Doodle Google hari ini dulu. Untuk penampakannya bisa anda lihat pada gambar paling atas. Tapi sebelum sedikit saya jelasin tentang wanita dalam Doodle Google hari ini, saya mau nanya dulu nih ke anda semua, Ada yang tau apa maksud dari Doodle Google hari ini? Hem... 'nek tak liat sekilas sih, kayanya hari ini si Mbah lagi menghormati seorang Ilmuan wanita kang, soalnya digambar ada wanita yang lagi nyampur cairan-cairan kimia. Bener ndak?

Yupz, hari ini secara khusus Mbah Google memang sedang memberikan penghormatannya kepada seorang Ilmuan wanita asal Polandia yang bermukim di Perancis bernama Maria Salomea Skłodowska - Curie atau yang lebih dikenal dengan nama Marie Curie. Siapa Marie Curie? Dia adalah profesor wanita pertama di University of Paris(Universitas Paris). Dan yang paling mencengangkan, Ilmuwan yang lahir di Warsawa, 144 tahun silam ini pernah menerima dua hadiah Nobel sekaligus, yaitu Nobel fisika pada tahun 1903 dan Nobel kimia pada tahun 1911.

Pada tahun 1903 "Royal Swedish Academy of Sciences" memberikan penghargaan kepada Marie Curie, suaminya Pierre Curie, dan Henri Becquerel sebagai pemenang hadiah Nobel dalam bidang fisika, yaitu "sebagai pengakuan terhadap pelayanan yang luar biasa yang telah mereka lakukan dalam riset mereka pada Fenomena Radiasi yang ditemukan oleh Professor Henri Becquerel."

Dan delapan tahun kemudian, yaitu pada tahun 1911 ia kembali menerima Nobel dalam bidang Kimia , yaitu “sebagai pengakuan atas kerja kerasnya dibidang kimia yang telah menemukan elemen radium dan polonium, dengan isolasi radium dan studi tentang sifat dan senyawa dari elemen luar biasa ini. “



Marie Curie lahir Warsawa, Polandia pada 7 November 1867 silam. Tapi biarpun lahir di Polandia, Marie Curie sendiri hanya bermukim di Polandia hingga dirinya menginjak usia 24 tahun. Karena setelah itu, pada 1891 dia mengikuti jejak kakaknya Bronisława untuk belajar di Paris, dimana ia meraih gelar tertingginya dan memulai penelitian ilmiahnya.

Bersama suaminya, Piere Curie, Marie berhasil mengembangkan zat radioaktif yang ditemukan Henri Becquerel. Zat pertama yang dipublikasikan pada Juli 1989 adalah polonium. Kemudian pada Desember di tahun yang sama, mereka mengenalkan zat radium, yang berasal dari bahasa latin yang berarti sinar (ray). Radium sendiri kemudian dipergunakan secara luas di dunia kedokteran dan juga untuk industri jam tangan. Eum, yang selama ini dikenal orang dengan zat yang bersinar di kegelapan sebenernya adalah unsur radium.

Dan Kembali ke Marie Curie, yang menurut saya paling luar biasa dari wanita ini adalah karena dia merupakan wanita pertama yang menerima dua penghargaan Nobel dalam dua bidang yang berbeda (Fisika dan Kimia). Soalnya selama ini, Hanya ada dua orang di dunia yang pernah menerima Nobel dalam dua bidang yang berbeda, yaitu Curie dan Linus Pauling yang mendapatkan Nobel untuk bidang kimia dan perdamaian.

Mungkin itu sedikit penjelasan saya tentang "Marie Curie", dan klo menurut anda penjelasan diatas masih kurang lengkap, silahkan cari sumber lain yang memuat penjelasan lebih detail hhe... :)

Yang pasti, Happy Birthday, Madame Curie.

Dan terakhir sebelum saya pamit untuk berangkat pulang, kaya biasa saya mau ngajak anda bersulang dulu... Cheeerrrsss.... (Glek...glek...glek...)...

Buat Sahabat DJ Site Semua, Happy Blogging 'n Have a Nice Day... :)

#DoodleGoogle #MarieCurie


6 komentar:

makmalf said...

akhir2 ini jadi sering banget ya Doodle Google berubah2. Tapi sayang, kok nggak Doodle Google-nya nggak Kambing atau sapi, kan lagi suasana Idul Adha. :D

narti said...

udah cantik, pinter lagi ya Kang? :)
kalau jaman sekarang, siapa yang pinter kayak beliau ya?

Amy said...

konon bukunya pun mengandung radiasi... asal kepinteran bukan dipake untuk menjerumuskan orang lain tapi untuk kebaikan makhluk sih oke-oke aja ya bang DJ

Adi Yulianto said...

klo di luar negeri sono, ilmuwan dihargai banget.. klo disini? ya begitulah..:)

Mulyani Adini said...

Sampai detail gini Fer dirimu tau ya....

Kata Adi bener juga tuch....

Asis Sugianto said...

happy Birthday madam curie...

DJ Site - Since 2009 Until Now

Creative Commons License
Blog Content by Ferdinand is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://dj-site.blogspot.co.id/.

Themes by blogcrowds. Design With ❤ for Blogger Serabutan