Monday, November 21, 2011

Mengenal Google Music


Selamat Siank Sahabat DJ Site Semua,

Hem... berhubung siank ini pikiran saya lagi gak terlalu singkron sama Deadline kerjaan dan abis makan siank pun kayanya saya mau langsung caw (keluar) dari kantor untuk memenuhi jadwal cuti setengah hari saya hari ini, so dari pada mumet-mumet mikirin Project gambar, siank ini saya mau kembali menyapa anda semua lewat postingan santai yang tetep serabutan, yang siapa tau bisa ngilangin rasa laper anda untuk sementara waktu sambil nunggu jam makan siank tiba *LOL tapi bukan berarti saya ng'hasut anda untuk ikutan ninggalin kerjaan anda lho ya haha.... klo anda masih banyak kerjaan, lha nggeh monggo dilanjutkan, soalnya saya gak mau tanggung jawab klo anda sampe dapet PHK akhir tahun :)

Lha terus siank ini sampean arep ngomongi opo tah kang? Seperti judulnya, kali ini saya mau ngajak anda ngomongin Layanan Google Music yang belum lama ini dirilis Mbah Google dan disebut-sebut ingin menandingi Layanan iTunes yang dimiliki Apple.

Lantas benarkah Layanan Google Music ini dibuat serupa atau bahkan untuk menandingi iTunes? saya sendiri gak tau, karena sampai detik ini Google Music memang hanya bisa dinikmati oleh orang-orang dikawasan USA, itu kenapa klo anda coba masuk ke situs resminya (https://music.google.com/music/listen), anda hanya akan menemukan penampakan seperti berikut ini:


Dan waktu saya coba Search di Android Market Via Mobile pun, saya belum dapat menemukan Aplikasi Google Music ini, entah karena Gadget saya yang emank gak support untuk menginstall aplikasi tersebut, atau karena Aplikasi tersebut memang baru dapat digunakan dikawasan USA. Tapi klo anda LogIn ke Android Market Via Desktop PC, anda bisa menemukan Aplikasi ini di link berikut(https://market.android.com/details?id=com.google.android.music), biarpun tetep kita gak bisa nginstall aplikasi ini untuk sekedar nyobain fitur-fiturnya :)

Tapi biarpun kita belum bisa nyobain Layanan Google Music ini, beberapa Blogger USA sempet nulis review di forum-forum mereka yang isinya sedikit banyak mereview layanan ini versi mereka, dan dari beberapa review tersebut, saya ingin coba menjelaskannya kepada anda, dan beberapa yang saya pahami dari Layanan ini adalah:

1. Google Music merupakan sebuah Layanan Music Cloud Service, yang dalam waktu dekat akan dirilis secara public agar dapat digunakan oleh semua orang di dunia, untuk meng-upload atau bahkan memainkan file musik yang mereka beli untuk mereka nikmati sendiri atau mereka share kepada orang lain. Jadi, nantinya anda bisa streamingan via PC, Gadget Android, Google TV atau bahkan iPhone untuk menikmati lagu-lagu yang anda upload atau anda beli untuk anda mainkan disana, intinya sih Google Music cuma sarana penyimpanan Online aja biar kita bisa nikmatin lagu yang pengen kita denger tanpa memasukkannya file musiknya ke memory HP kita :)

2. Anda dapat memback-up semua File music anda di iTunes jika anda ingin menikmatinya di Google Music, jadi klo dibilang Google Music ingin menandingi iTunes kayanya nggak deh hhe... malah gak cuma dari iTunes aja, klo anda pengguna Gadget dengan OS Windows Mobile anda juga bisa memback-up file music anda dari Windows Media Player library untuk menikmatinya di Google Music, jadi untuk saat ini Google Music masih sangat terbuka dan tidak mengkhususkan dirinya seperti halnya iTunes. Malah di Google Music anda akan menemukan Format file yang jauh lebih beragam, yaitu MP3, ACC, FLAC, WMA, OGG dan beberapa format lain yang katanya segera ditambahkan.

3. Android Market dan Google Music bukanlah sebuah kesatuan, karena Google Music hanya dapat anda gunakan untuk menyimpan atau memainkan File Musik, dan jika ingin membeli File Music-nya anda dapat mencari dan membelinya di Android Market, bukan di Google Music.

4. Anda tidak dapat mendownload file Music anda di Google Music ke Komputer lain, kecuali jika anda membeli file music tersebut, jadi sistemnya agak beda sama iTunes atau Amazon Cloud Player, karena disana anda bisa mendownload dan menikmati filenya di komputer manapun yang kompatible, tapi di Google Music anda harus membeli filenya untuk menikmatinya.

5. Untuk saat ini pihak Google Inc. mengakui bahwa Aplikasi Google Music belum tersedia untuk semua jenis ponsel Android, jadi untuk sementara sebagian besar pengguna Android memang belum dapat melihat aplikasi ini di Android market, tapi nantinya Google berjanji akan membiarkan aplikasi ini Support untuk semua Gadget yang menggunakan OS Android mereka, tapi belum jelas sih mulai dari OS versi berapa supportnya :) dan klo pun nanti udah support, anda dapat langsung menginstall dan menggunakan aplikasi ini dengan semua beban biaya streaming dibebankan ke tagihan paket bulanan anda haha.... *klo saya mending milih beli SD Card dengan space lebih gede dari pada kena biaya Streaming haha...

6. Google Music tidak tersedia secara resmi di iPhone Apps, tapi tetap dapat anda gunakan di iPhone dengan mendownloadnya secara manual dari situs resmi Google Music, jadi klo anda pengguna iPhone gak usah ribet-ribet nyari aplikasi ini di iPhone Apps karena gak bakalan ketemu.

7. Ada Triliunan File Musik Gratis yang dapat anda nikmati di Google Music, tapi sebelum menikmati itu semua, anda harus memberikan data Google Account anda yang selama ini anda gunakan untuk Paypal, Yupz, karena Google ingin mengetahui data kartu kredit anda, So untuk yang masih ragu mending jangan dicoba dulu...

8. Layanan Google Music pun ikut terintegrasi dengan Google+, jadi klo nanti anda beli lagu dan nyimpen lagu itu di Akun Google Music anda, semua orang yang ada di Circle anda bisa ikut menikmati lagu tersebut, biarpun mereka tetep gak bisa mendownloadnya sih haha...

Hem... mungkin itu beberapa hal yang saya pahami dari Layanan Google Music ini, dan karena ini sifatnya masih berdasarkan review orang *karena kawasan Indonesia memang belum dapat menikmatinya jadi klo diantara anda ada yang sudah menikmatinya karena kebetulan tinggal di USA, silahkan dikoreksi jika ada pemahaman saya yang keliru.

Dan terakhir, sebelum pamit kaya biasa kita bersulang dulu... Cheeeerrrss.... (Glek...glek...glek...)...

Buat Sahabat DJ Site Semua, Happy Blogging 'n Have a Nice Day....

#GoogleMusic


22 komentar:

Nyayu Amibae said...

jiaaah,, mau cuti setengah hari??? ikuuuuut,,,, mesti ke 21 tuk cari bahan review film ya??wkwkwk... (sok tau aku ya... :P)

semoga google music segera hadir jg di Indonesia... (sst,, rahasia,, aku juga bolos hari ini sampe besok,, kan besok jadwal buat e-ktp di kantor camat)wkwkwk

[L]ain said...

wah wah...makin nambah aja nih produk google. Makin terpinggirkan deh produk lain.

Rawins said...

ga punya android...
nunggu masup ke pc aja om..

narti said...

beneran udah mau untuk umum? yuhuuu....

sda said...

karena Google ingin mengetahui data kartu kredit anda, So untuk yang masih ragu mending jangan dicoba dulu... => ini untuk apa? katanya gratis? gak bisa download dan cuma ndengerin? haduh bingung...

*blogku blm update*

Ejawantah's Blog said...

Untuk sementara di monitor dulu Mas.

Sukses selalu
Salam
Ejawantah's Blog

r10 said...

aku biasanya dengerin jango yg legal :)

Mood said...

Maaf, lama ga berkunjung neh Sob, coz kemalasan sedang mendera. He he :P

Mengenai google music, tunggu perkembangan selanjutnya aj deh buat yang di Indonesia.

Salam.. .

Gaphe said...

asik nih ada fitur baru dari google.. meskipun saya yaa taunya juga baru mbaca dari sini fer. hahaha... gimana nggak gaptek, jarang OL.. ngeblog aja juga dah mulai keteteran.. kayaknya dah mau mulai ganti nama ngikutin kamu : bloger serabutan, bedanya : cuman ngeblog kalo sempet.

sorry yah, dari kemarin janji-janji muluk mau nulis postingan itu... tapi gak jadi-jadi..

Rama88 said...

wahh keren tuh,, tapi gak bisa di nikmati oleh penduduk indonesia,, hiks,,

smp 3 lembang said...

pencari gratisan pasti kecewa kARENA nggak bisa download xi xi , tapi apapun caranya google ekspansi banget ya semua bidang akan dimasuki kali

Santria said...

wow, google makin kreatif aja nih, semoga bisa sukses seperti produk-produk sebelumnya

http://www.santria.web.id/

Zippy said...

Wah..wah, Google makin kejar setoran nih :D
Semuanya ia jabanin, boleh deh... :D
Moga aja sukses untuk "mainan" terbaru si Om Google ini :D

Sukadi said...

Untuk layanan dari google yang "aneh-aneh" seperti ini saya malah kurang mengikuti, Kang.. Sepertinya keberadaannya belum saya perlukan ..hehehe

Oke, terimakasih infonya Kang.. semangat ber apa saja.. :)

Mangkaliat said...

Wahh ternyata ada google musik yaa, keren banget yaa ..

Muji Anto said...

mantap juga nih cak, biar iTunes ada saingannya :D

Dewii said...

Makinn asyik dengan teknologi canggih,..

Aul-home said...

Bang ferd...
Aul mau minta bantuan nih..

daruraaat!!!

Jadi Aul gak bisa sign-in di blogger.
Katanya "disabled".
kayak gini -->
http://www.google.com/support/accounts/bin/answer.py?answer=40695&hl=en&ctx=ch_ServiceLoginAuth&p=blogger

terus pas buka http://Aul-home.blogpsot.com
katanya... "Blog ini sudah dihapus".

AAAAAAAAAA!!!
AAAAAAAAA!!!
*nangis-nangis*

Mohon bantuannya ya bang...
bales di post ini aja.

:'(

simple tips said...

gugel semua mo dikantongin kayaknya .. entar ane coba; kalo dah punya android -hape saja ga punya-

dan satu hal yang ane baru tahu dari artikel ini
'cuti setengah hari' wkwkwk
yowis pak met aktipitas, aku mo kandangan dulu :gubrak:

anazkia said...

Aku ora mudengggg... :D
Kirain gratisan hehehe

Apa khabar? Wealah lagi sibuk kayaknya

Cara Aman Menurunkan Berat Badan said...

google emang gak ada matinya buat ngeluarin produk baru,,tapi sayang bukan gratisan,,
oh iya,jadi kalau teman kita di G+ ada yg dari AS dan udah pake google music,kita yang di indo juga bisa ikut dengerin ya?

Registery said...

Saingannya iTunes nih. Mungkin kalau pakai IP Indonesia belum support mas

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian