Wednesday, November 30, 2011

Untuk Mengenang Mark Twain, Hari Ini, Google Memasang Doodle Fenomenal bergambar Kisah "Huckleberry Finn"

Selamat Pagi Sahabat DJ Site Semua,

Brrr ... tumbenan nih pagi cuacanya dingin banget, huaaahhhh *nguap panjang jadi pengen meluk guling lagi nih *plak ... sayang si boss gak pernah inisiatif nyediain guling buat karyawannya *ya iyalah lu kata ini hotel kelas melati haha

Hey... hey... hey... Ladies, ada yang butuh kehangatan??? saya ikhlas deh jadi Guling rame-rame asal cewe semua ya yang meluk haha.... *plak.. plok... plak... plok... , satu persatu pada ngantri ng'gampar gw... dan dari kejauhan, cangkir-cangkir teh pada terbang kearah gw...

Lanjut...

Berawal dari kebiasaan saya untuk selalu buka Gmail tiap nemuin PC yang lagi nganggur, yang dari Gmail pasti berlanjut ke Google dan ujung-ujungnya masuk ke akun Blogger. Secara gak diduga tapi disengaja, barusan saya malah nemuin sebuah Doodle baru, yang setelah saya telusuri lebih jauh ternyata menjadi Doodle paling fenomenal dari semua Doodle yang pernah dipajang sama Mbah Google selama ini.

Kenapa dianggap fenomenal? karena baru kali ini Mbah Google memasang Doodle selebar layar. Dan untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan gambar yang paling atas.

Lantas apa maksud dari Doodle Google Hari ini? dan siapakah orang penting yang jasanya ingin dikenang oleh Mbah Google hari ini?



Hari ini, melalui Doodlenya mbah Google ingin ikut merayakan sekaligus mengenang seorang tokoh penting dunia dalam bidang sastra yang bernama Samuel Langhorne Clemens, atau yang lebih dikenal dengan nama pena-nya, Mark Twain. Mark Twain lahir di Florida, Missouri, AS pada 30 November 1835 dan meninggal pada 21 April 1910 di Redding, Connecticut, AS, pada umur 74 tahun.

Semasanya hidupnya Mark Twain dikenal sebagai pengarang Novel dan buku-buku fiksi yang karyanya saya yakin hampir semua pernah anda denger, kaya The Adventures of Huckleberry Finn yang kisahnya diabadikan dalam Doodle Google hari ini, terus ada lagi The Adventures of Tom Sawyer, The Prince and the Pauper, A Connecticut Yankee in King Arthur's Court serta satu buku non fiksinya, Life on the Mississippi.

Pengarang yang tumbuh besar di Hannibal, Missouri, ini ketika masih remaja bisa dibilang punya ketertarikan yang mendalam pada kapal-kapal uap yang berlalu-lalang di sungai Amerika Serikat pada saat itu. Dan karena ketertarikannya itu, ia bahkan pernah menjadi nakhoda kapal sungai yang selama empat tahun berlayar di sungai Mississippi. Tapi jangan salah, diluar pekerjaannya sebagai Nahkoda kapal, Mark Twain pun pernah menjadi seorang juru cetak di sebuah percetakan dan seorang penulis surat kabar.

Hingga akhirnya Mark pindah ke daerah barat California, karena saat itu Perang Saudara di Amerika pecah pada tahun 1860. Dan ketika itulah ia mengubah namanya menjadi "Mark Twain" yang berarti "dua depa dalamnya". Untuk anda yang gak tau, itu adalah istilah yang dipakai oleh awak kapal sungai ketika mereka mengukur kedalaman air.

Dan sejak itulah Mark mulai menjadi pengarang, yang karyanya bahkan masih tetap dikenang oleh dunia hngga saat ini, dan dua kisah paling fenomenal yang selalu mengambil tempat dihati para penggemarnya adalah Kisah The Adventures of Tom Sawyer, dan The Adventures of Huckleberry Finn.

Kedua buku ini masing-masing menceritakan kisah anak-anak berusia belasan tahun yang sedang tumbuh. Pengalaman-pengalaman mereka yang mengasyikkan itu menggambarkan kehidupan di tengah abad kesembilanbelas, dan menceritakan tentang pertentangan-pertentangan yang timbul antara pemuda dan orang dewasa pada saat itu. Dan seperti kebanyakan cerita yang ditulis oleh Twain, buku-buku ini penuh pun banyak dibumbui cerita humor segar. Namun, Semakin umurnya bertambah, Gaya penulisan Twain pun semakin serius, hingga akhirnya ia meninggal pada tahun 1910.

Dan sebuah kata Bijak yang pernah diucapkannya adalah:

Kebaikan adalah hal yang bisa didengar oleh orang tuli dan bisa dilihat oleh orang buta.


Prok... prok... prok... pantes si Mbah gak segen-segen buat nyediain space terbesar di Doodlenya untuk tokoh penting yang satu ini hhe... dan karena hari ini bertepatan dengan Ulang Tahun Eyang Mark Twain, mewakili seluruh staf dan direksi DJ Site *iya saya doank maksudnya, saya ucapkan Happy Birthday buat Eyang Mark Twain, semoga akan ada penulis-penulis besar lain yang akan meneruskan dedikasimu di bidang sastra Mbah Twain :D

Dan terakhir, sebelum pamit, kaya biasa kita bersulang dulu.... Cheeeerrrrsss.... (glek...glek...glek...)...

Buat Sahabat DJ Site Semua, Happy Blogging 'n Have a Nice Day... :)

#DoodleGoogle #MarkTwain



Ratings: 4.5

14 komentar:

Asis Sugianto said...

saya sependapat dengan kata bijak ini sobat...

Kebaikan adalah hal yang bisa didengar oleh orang tuli dan bisa dilihat oleh orang buta.

smp 3 lembang said...

luar biasa memang baru kali ini google doodle sebegitu besarnya

Adi Chimenk said...

ah ini dia yg gw tunggu tunggu.. dari tadi pagi buka google dan lihat doodle seperti itu gak ngerti maksudnya apa..

Gw udah ngira lu akan bahas ini, makanya gw nunggu postingan lu..hehehe

akhirnya sekarng gw tahu, klo Shania Twain ada hubungan sama Mark Twain #digampar :D

al kahfi said...

informatif sob setidaknya jd tau tentang Mark Twain ini,,,salah satu sosok penulis

.:diah:. said...

oohh itu yaa alasannya kenapa doodle hari ini lebaarrr banget :D

warnanya juga adem looh :D

waktunya makan siang nih Nand, jangan glek2 aja :P

narti said...

tadi bingung kenapa hanya ada 2 tokoh di gambar google doodlenya, ternyata gitu ceritanya.
TFS yah :)

sda said...

amin3x...ikut mengaminkan doanya.
n moga besok google doodlenya tampil tak kalah bagusnya :D

Cara mengobati radang paru-paru said...

saya pernah denger bukunya yang Life on the Mississippi,tapi belum pernah baca,,:D

Rawins said...

pernah punya bukunya tom sawyer waktu sd dulu
cuman itu doang yang aku tau dari mark twain

Ladida C said...

wah, kata bijaknya sangat bermakna dan luar biasa yah, ehehee...
jelas bukan org sembarangan :D

Gaphe said...

iyaa, pantesan hari ini banyak ngeliat kata-kata mutiara : kebaikan itu adalah hal yang bisa didengar oleh kaum yang tuli dan bisa dilihat oleh yang buta dimana-mana.

ternyata ini toh.

saya pernah baca beberapa ceritanya, baguss..

wajar kalo ada hari khusus untuk peringatannya

DJ Site said...

@ Adi Chimenk : Jiah, mulai dah jiwa dukunnya keluar haha... untung kga bener-bener digampar sama Shania Twain lu *LOL

@ .:diah:. : baru aja aku kelar makan siank Dee... :)

@ All: Kira-kira itu cerita atau latar belakang dibalik Doodle Google kemaren :)

obat herbal gondok atau gondongan said...

baju google di ambil dari tokoh tokoh penting,,..

Takuya said...

kepingin baca karyanya deh.. judulnya apa-apa aja?

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian