Saturday, November 5, 2011

Benarkah Google Tidak Mendominasi Pencarian di Internet?


Selamat Malem Sahabat DJ Site Semua,

Hah... akhirnya kelar juga masang tenda buat "Sapi 'n Kambing" yang lagi pada nunggu ajal buat dimutilasi besok pagi :) sebenernya sih klo boleh jujur saya termasuk yang paling males ngeliat penjagalan hewan kaya yang pasti bakal saya liat besok pagi, soalnya saya emank gak tega-an ama binatang *kecuali sama nyamuk tapi karena kelar masang tenda tadi saya liat sapi-nya lagi pada senyum bahagia serasa ngasih isyarat klo dirinya siap untuk disantap, jadi kayanya saya gak perlu bikin puisi sok dramatis deh untuk mengantar kepergian mereka *kaya bisa nulis puisi aja

---

Okeh, kembali ke inti postingan, malem hari ini sesuai judulnya, saya emank mau ngajak anda ngomongin tentang Mbah Google. Dan secara khusus, yang akan kita omongin kali ini adalah pernyataan resmi Google's executive chairman, Eric Schmidt kepada media, dalam jawaban resminya yang dirilis oleh " the Senate antitrust subcommittee" hari ini. Pernyataan Eric Schmidt ini sendiri, sebenarnya merupakan tindak lanjut yang diberikannya atas pertanyaan para anggita parlemen Amerika Serikat dalam sidang di Capitol Hill bulan September lalu. Maklum lah, sebagai salah satu raksasa Internet, Google emank selalu diliputi banyak masalah kan, dan terakhir Google disebut-sebut memonopoli perekonomian disana, makanya dengan sangat terpaksa anggota parlemen pun sampe meminta klarifikasi dan mengajukan beberapa pertanyaan kepada Google Inc, terkait daya saing Google selama ini, Sistem Operasi Androidnya dan beberapa pertanyaan lain.

Dan tepat hari ini, hampir semua media berita disana, kebetulan mengangkat berita ini sebagai headline utama mereka *sayang aja beritanya belum sampe di Indonesia hhe... Dan yang bikin saya tertarik ng'bahas hal ini adalah karena beberapa media, memberikan judul berikut sebagai judul Headlinenya: "Google Isn’t ‘Dominant’ in Internet Search, Schmidt Says". Saya gak tau apa reaksi spontan anda setelah baca kata-kata itu, tapi klo untuk saya pribadi kata-kata tersebut bisa dibilang cukup "kontroversial" mengingat Google memang masih menjadi raksasa Internet hingga saat ini, jadi omong kosong banget klo mereka mengatakan bahwa mereka gak mendominasi pencarian di Internet hhe... malah klo boleh ngasih pendapat pribadi buat saya, itu cuma pernyataan sok rendah diri dari Google untuk menghargai para pesaingnya. Tapi ya terserah mereka juga sih mau ngasih pernyataan apapun haha.... dan karena malem hari ini saya cuma mau mengutip beberapa pernyataan resmi Google tersebut untuk anda, jadi sebelum ngasih koment, berikut saya hadirkan 2 pernyataan Eric Schmidt yang dirilis hari ini.

Pertama, Richard Blumenthal (senator Amerika Serikat) meminta Google menjelaskan, salahkah pemerintah jika mereka menandai Google memonopoli bisnis karena Google memang sudah terlalu dominan dan hanya punya 1 pesaing besar yakni Bing?

Dan dengan enteng Eric Schmidt mengatakan bahwa menilai Google memonopoli bisnis pencarian Internet mungkin merupakan kesimpulan yang keliru, karena dirinya menegaskan, selain Bing dan Yahoo! mereka masih punya banyak pesaing lain yang tidak terlalu terekspos oleh media. Bahkan andai ingin dibandingkan dengan Bing, menurutnya Bing pun pernah merasakan masa jaya yang kini dialami Google tahun 2007 lalu, jadi jelas memonopoli bisnis adalah pendapat yang keliru menurut mereka.

Kedua, parlemen menanyakan, bagaimana dengan pasar mobile atau seluler?

Dan lagi-lagi mengutip pernyataan ComScore, Eric Schmidt mengatakan bahwa pasar Android OS di dunia hanya sekitar 34,1% dan masih jauh dibawah Apple yang memiliki sekitar 43,1% pasar mobile dunia, jadi jelas Google tidak mendominasi.

Sebenernya masih banyak banget pertanyaan yang diajukan oleh parlemen Amerika kepada Google Inc. cuma karena selain 2 pertanyaan diatas, pertanyaan lain sifatnya lebih kepada Hak Cipta, jadi menurut saya gak perlu saya kutip untuk anda hhe....

Paling nggak dari 2 pernyataan itu kita udah dapet sedikit gambaran, klo intinya Google Inc. cuma ingin mengatakan bahwa dirinya siap untuk bersaing secara fair dan ingin sekaligus membuktikan bahwa dirinya memang tidak memonopoli bisnis pencarian di Internet, biarpun menurut saya Google udah sangat memonopoli bisnis pencarian di Internet sih haha.... Gimana menurut anda?

Terakhir, karena saya lagi gak kepengen nulis panjang-panjang jadi kaya biasa saya mau ngajak anda bersulang dulu sebelum saya pamit... Cheerrrss... (Glek...glek....glek...)...

Buat Sahabat DJ Site Semua, Happy Blogging 'n Have a Nice Weekend... :)

#Google


5 komentar:

smp 3 lembang said...

Kalau buat saya yang kurang ngerti beginian sepertinya monopoli deh sampai TV aja dibikin

Ahma Indraki said...

mungkin untuk Indonesia pencarian google memang mendominasi, tapi untuk eropa katanya bing masih diatas google.

lalu permsalahan kira-kira apa ya yang timbul ketika memang benar-benar google mendominiasi mesin pencarian di dunia? #bingungnepukjidat

Wisata Bali said...

ehmm malem2 terus postingnganya...
ya moga2 orang indonesia bisa bikin search engine...biar kalah si Google,,,

Amy said...

Soal monopoli, ya... udah identik mesin pencari itu google. Apa-apa mesti google. Kayaknya gitu ya...

Unknown said...

Nymak dulu Mba, karena masih ada kiranya potensi di tempat lain.

Sukses selalu
Salam
Ejawantah's Blog

DJ Site - Since 2009 Until Now

Creative Commons License
Blog Content by Ferdinand is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://dj-site.blogspot.co.id/.

Themes by blogcrowds. Design With ❤ for Blogger Serabutan