Tuesday, December 15, 2009

Belajar Sketsa Gambar


Udah lama nie ga bikin tulisan tentang desain grafis hhe…

Ehm…sebenernya bingung juga sih mau nulis apa,

Okeh yang ringan-ringan aja deh…

kLo Tutorial CorelDraw sebenernya masih banyak yg gw belum tulis tapi kLamaan, soalnya gw mesti praktek dulu kan biar ada gambarnya hhe…

jadi yg ga perlu waktu lama aja yacH hhee…

Tulisan ini gw mau kasih judul “ Belajar Sketsa gambar”.

Hah???

Mungkin Lu mikir buat apa bikin gambar doank pake belajar, Iya kan

Sketsa gambar tuh hal yang sangat penting untuk seorang seniman, begitu juga orang-orang yang bergerak di bidang seni termasuk para Desainer Grafis.

Kenapa penting?

Karena untuk menghasilkan gambar yang diinginkan seorang desainer grafis harus membuat sketsa gambar itu terlebih dahulu, dan satu yang gw mau kasih tau ke Lu semua bahwa seorang Desainer Grafis ga perlu bisa gambar. Hah??? Ga perlu bisa Gambar???

Yupz tepat karena gw pun dulu ga bisa gambar sama sekali, And gw masih Inget Baget satu-satunya gambar yg dari SD gw buat pasti gambar Gunung ada matahari And sawahnya hahaha…..

Truz koQ bisa???

Cuma satu hal “latihan”.

Tapi bikin gambar or sketsa itu kan butuh keahlian dan pastinya bakat or talenta dari Tuhan, Iya ga???

Yupz betul, tapi coba Lu pikir kLo lu punya bakat untuk gambar tapi lu ga pernah pake bakat itu, Apa iya itu yang Tuhan Kehendakin saat Dia Ngasih Talenta or bakat untuk Gambar itu Ke Lu???

And Coba Lu pikir lagi walaupun Lu Ngerasa ga bisa gambar (Karena Buat gw semua orang bisa gambar), tapi Lu mau Nyoba untuk gambar sesuatu dan ternyata yang lu gambar itu bisa dinikmati, paling Ngak Lu sendiri bisa nikmati gambar itu, gw rasa Tuhan pun bisa tambahin bakat or talenta gambar itu ke Lu karena balik Lagi, “Nothing Impossible” karena Dia yang berkuasa memberi dan mengambil, Iya ngak…

Nah disini, gw ga bakal nyinggung tentang teknik gambar grid, bingkai or, etc.

Gw Cuma mau kasih tips terpenting dari membuat sketsa yang sebenernya gampang tapi sayangnya jarang orang tau.

Apa Tuch???

  • Jangan pernah bikin sketsa pake pensil.

Ga salah tuch dimana-mana juga gambar mah pake pensil, pasti lu mikir gitu. Gw kasih tau klo Lu mau gambar manga okeh untuk pake pensil tapi untuk sketsa lebih baik lu pake pulpen(pulpen apapun yang menurut lu itu paling nyaman), kenapa? karena waktu lu bikin sketsa pake pulpen lu ga mungkin bisa Ng’hapus lagi gambar yang lu buat, dan mau ga mau lu mesti bikin gambar itu dari ulang klo lu mau hasil yang lebih bagus dari pada hasil gambar yang sebelumnya dan disini letaknya lu mulai terbiasa untuk bikin sketsa dan akhirnya lu bisa dibilang mampu membuat sketsa gambar.

Lain lagi klo lu abaikan saran gw dan mulai bkin sketsa pake pensil, kenapa? Karena saat lu pake pensil lu bisa aja Ng’hapus garis or apapun yang menurut lu jelek dan mulai bikin lagi. Tapi setelah itu lu ga akan tertarik untuk bikin sketsa lagi, Kenapa? Karena tujuan awal lu bikin sketsa itu yang penting bagus, bukan karena lu bener-bener suka dan nikmatin, lain lagi klo Lu ikutin saran gw and lu bikin sketsa itu pake pulpen lu bakal ngerasaain feel yang lain, karena saat lu bikin satu sketsa dan lu rasa ada yang kurang, lu bakal bkin lagi, lagi dan lagi dan setelah lu rasa sketsa itu udah pas And lu liat hasil-hasil sketsa yang sebelumnya lu bakal nikmatin feel yang gw bilang tadi dan mungkin lu bakal bilang “ternyata gw bisa bikin sketsa gambar”.

Itu kenapa gw saranin jangan pake pensil saat bikin sketsa.

  • Jangan gambar sesuatu klo lu sendiri ga bisa nikmatin gambar itu

Kenapa? Karena klo Lu sendiri aja udah malez ngeliat gambar itu apalagi orang lain, yang ada bikin lu ga mau bikin sketsa lagi ntarnya.

  • Bawa kertas and pulpen kemanapun lu pergi

Kenapa? Karena siapa tau feel untuk bikin sketsa itu muncul begitu aja saat lu ada di suatu tempat tertentu.

  • Jangan pernah berhenti berkarya walaupun lu bukan seniman terkenal.

Dan ini yang menurut gw paling penting dari semua tips yang gw kasih, lu ga perlu bikin gambar atau sketsa setiap hari apalagi setiap jam sekali. Lu Cuma perlu sediain waktu 2 kali seminggu dan itu hanya 15-20 menit untuk melatih kemampuan lu menggambar atau membuat sketsa karena yang paling penting buat gw adalah feelnya bukan waktunya.

Gw rasa cukup tips dari gw.

Sedikit gw tambahin, klo lu belum pernah bikin sketsa sebelumnya mulailah bikin sketsa tangan kiri lu menggunakan tangan kanan lu, atau buat lu yang kidal cobalah gambar tangan kanan lu menggunakan tangan kiri lu. Kenapa? Karena itu akan melatih kemampuan indera lu untuk membuat sketsa. Selain itu, coba buat sketsa dari yang paling jelas jangan dari yang paling detail, N terakhir jangan pernah malu atau merasa ngak mampu sebelum lu coba….

Good Luck…N Happy Nice Day….

Tunggu tulisan gw yang selanjutnya hhee…

2 komentar:

Anonymous said...

gw suka saran lo....kan gw coba

dodik said...

saran loe bene2 mantap

Visit the Site
Welcome To dj-site.blogspot.com This Template Is Changed By DJ Site blogger template by DJ Site.