Saturday, February 19, 2011

Libya Akhirnya Mengikuti Jejak Tunisia Dan Mesir


Selamat Sore Sahabat DJ Site Semua,

Lanjut, setelah tadi kita ngomogin tentang Pemblokiran Twitter terhadap UberTwitter Dan Tidroyd, kali ini saya mau ngajak anda ngbrolin tentang Kerusuhan yang terjadi di Libya. Kerusuhan yang mungkin bisa dikatakan sebagai Efek Domino *Bahasanya orang-orang pinter yang ditimbulkan oleh Kerusuhan di Tunisia Dan Mesir beberapa waktu lalu.

Kerusuhan di Libya ini sendiri sudah berlangsung sejak 15 Februari 2011 lalu, Setelah bentrokan antara pendemo dan aparat di kota Benghazi, Libya melukai belasan orang. Bentrokan itu sendiri bermula Atas ketidakpuasan Warga Libya terhadap pemerintahan Moamar Kadhafi yang sudah berkuasa sejak 1969 hingga saat ini. Dan seperti yang kita tau, Khadafi sendiri adalah pemimpin dunia Arab yang paling lama berkuasa.

Kerusuhan di Benghazi yang terjadi pada 15 Februari lalu Ini merupakan protes pertama yang menimpa Kadhafi sejak berkuasa 1969 silam. Pemicunya adalah massa protes atas penangkapan seorang aktivis HAM.

Dan 17 Februari 2011 lalu, Warga Libya pun akhirnya menggelar "Hari Kemarahan" yang diserukan lewat sebuah grup di Facebook. Dan sekitar 10.000 orang menjadi anggota Group ini *lagi lagi Facebook haha

Ngomongin tentang Libya, Libya sendiri bisa dibilang memiliki tingkat kepemilikan komputer yang sangat tinggi dibandingkan dengan standar di Afrika Utara, dan sampai saat ini, Libya memiliki akses cukup bebas ke Internet. Tapi yang amat disayangkan adalah Kadhafi pun secara agresif memenjara, menyiksa atau membunuh tokoh oposisi anti-rezim, dari kelompok demokratik atau Islam.

Dan dalam Aksi "Hari Kemarahan" itu, 20 orang di Benghazi, 23 di Baida, tiga di Ajdabiya, dan tiga di Derna dikabarkan tewas. Dan hari ini, setelah hampir sepekan Demonstrasi itu berlangsung, Jumlah demonstran yang tewas pun dikabarkan telah meningkat menjadi 84 orang. Dan berita tersebut secara langsung dikeluarkan oleh organisasi HAM internasional, Human Rights Watch (HRW). HRW sendiri mengecam kekerasan yang dilakukan terhadap para demonstran di Libya serta mendesak otoritas Libya untuk berhenti melakukan kekerasan terhadap para demonstran damai.

Huh... entah apa yang membuat Kerusuhan seperti ini menjangkiti hampir seluruh Negara Timur Tengah, yang jelas seluruh Kerusuhan ini memang disebabkan oleh satu hal yaitu ketidakpuasan warga negara atas pemerintah mereka. Dan yang paling saya sayangkan dari Kerusuhan semacam ini adalah jatuhnya korban tewas yang cukup banyak yang hampir semuanya adalah warga sipil... Hem... saya sampe kehabisan kata-kata untuk ngomongin berita ini ... :(

Terakhir, saya cuma berharap kerusuhan di Libya bisa segera selesai tanpa menjatuhkan lebih banyak lagi korban tewas. Dan semoga gak ada lagi negara, khususnya negara Timur Tengah yang kembali melancarkan aksi serupa dan menuntut Presiden mereka mundur seperti halnya Tunisia Dan Mesir yang pada akhirnya hanya menimbulkan kerusuhan berdarah yang menewaskan banyak orang....

Buat Sahabat DJ Site Semua, Happy Blogging 'N have a Nice Weekend... :D


6 komentar:

Bento said...

Hem.. kalo kate ane sih itu efek merintah terlalu lama dan efek ikut-ikutan brow... disatu sisi pemerintahnya sih emank salah karna merintahnya juga terlalu lama, cuma disatu sisi ngapain juga rakyatnya mesti bikin aksi besar2an? emank kalo tuh presidennya turun udah siap sama pemerintahan selanjutnya?

dan bagusnya ini jadi pelajaran buat negara kita, supaya pak SBY merintahnya juga gak jangan minta nambah kaya kemaren...

Adit Mahameru said...

Semoga kembali damai dan tak ada lagi yang mati karena hal yang tak pasti...

Djangan Pakies said...

mudah-mudahan tidak ada pihak ketiga yang mengobrak-abrik masyarakat Islam

DJ Site said...

@ Bento : Huahaa.... bener Brow... kayanya bakal mikir 2 kali Pake BeYe buat minta perpanjangan masa Jabatan klo ng'liat kerusuhan kaya gini hhe... Cuma ada benernya juga sih, kayanya rakyat disana juga mesti mikir mateng2 dulu deh sebelum menggulingkan pemerintahannya, nha klo setelah Presiden turun, pemilu trus yg kepilih Presiden yg wataknya sama ya sama aja boong haha.. Tumbenan lu maen kemari haha..

@ Adit Mahameru: AMIN.... nek tak pikir2 bener juga kata2mu Sob... mati tanpa hal yg pasti :D lha wong rung pasti jg presidennya bakal turun setelah Demo2 gitu...

@ Djangan Pakies : Semoga kang, soalnya klo Kerusuhan gini pasti dalangnya ya pihak ke-3 bukan pihak yg berseteru :D

Berpikir Positif said...

Bahrain dan Afrika utara menyusul pokoknya Presiden yang merasa diri kurang demokratis harus siap-siap untuk didemo oleh warganya

Aul Howler said...

Ckckck...

Makin banyak aja krisisnya...

Update terus ya, Bang Ferd!
We need it!

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian