Thursday, January 13, 2011

Untuk Blogger Tunisia...


Selamat Malem Sahabat DJ Site Semua,

Ocre, setelah cerita tentang kejadian gak nyambung di postingan Counter Isi Ulang Pulsa Jual Nada Dering? kemaren, malem ini saya mau nulis postingan khusus yang saya dedikasikan untuk Para Blogger Tunisia. Biarpun saya sama sekali gak kenal dengan mereka, dan biarpun mereka juga bukan saudara saya sama sekali, gak tau kenapa malem ini saya pengen bikin postingan untuk nyemangatin mereka. Lha emank ada apa toh kang disana?

Tepat saat anda baca postingan ini, Sedang terjadi Insiden Berdarah di Tunisia, tepatnya di kota Thala dan Kasserine di perbatasan antara Tunisia dan Algeria. Dan Insiden Berdarah ini sendiri udah berlangsung sejak kemaren. So, udah 2 hari berarti Tunisia diliputi Kerusuhan Besar.

Lha emank apa toh kang Sebabnya? menurut Portal Berita Internasional CNN dan beberapa Portal lain yang barusan saya baca, Insiden Berdarah ini sebenernya hanya bermula dari demonstrasi Warga Tunisia akibat Minimnya lapangan Pekerjaan di negara tersebut yang menurut mereka secara tidak langsung telah memperburuk perekonomian di negara tersebut. Cuma, Kerusuhan akhirnya pecah setelah terjadi bentrokan antara demonstran dan polisi. Dan akibat kejadian ini sampe pukul 13.00 WIB tadi siank udah sekitar 20 Orang Tewas dan 30 Polisi Luka-luka dalam Insiden Berdarah ini.

Lha terus apa hubungannya toh kang Insiden Berdarah ini sama Blogger Tunisia? Seperti yang anda tau, Blogger kaya kita ini kadang bisa dibilang Citizen Jurnalis dan Aktivis yang klo pemerintahnya ngawur bisa ikut Protes secara Spontan lewat Blognya dan tanpa turun kejalan, entah Protes secara halus atau kasar, demikian juga Blogger Tunisia. Dan akibat kejadian ini, Para Blogger Tunisia beserta Jurnalis dan para pengacara ikut ditahan oleh Pihak Kepolisian karena di anggap ikut terlibat dalam Kerusuhan yang dianggap sebagai "Pemberontakan" terhadap pemerintah Tunisia. Bahkan Presiden Tunisia Zine al-Abidine Ben Ali sempat menganggap Para perusuh yang dalam hal ini termasuk Blogger Tunisia sebagai Teroris.

What? Blogger = Teroris? Jujur baru kali ini saya denger Statement konyol seperti itu keluar dari mulut seorang Presiden. Hanya karena menyuarakan Pendapatnya Blogger disamakan dengan Teroris? salahkah? Entah... karena saya gak ngerti tentang Hukum Tunisia saya gak bisa jawab itu pernyataan itu benar atau salah. Cuma secara Etika, saya rasa semua orang termasuk Blogger punya Hak bahkan punya kewajiban untuk mengkritik pemerintah mereka dengan cara apapun yang masih dianggap tidak melanggar jika Para wakil mereka di Parlemen dianggap salah dalam kebijakannya, termasuk dengan menulis.

Dan sampe postingan ini ditulis, Presiden Tunisia baru berjanji akan membebaskan para Blogger disana. Yupz, Just Promise dan belum dilakukan. Dan yang sangat disayangkan Pemerintah Tunisia bahkan telah Memblokir semua Blog yang terdaftar milik warga Tunisia.


Semoga Para Blogger Tunisa Cepet dibebaskan oleh Pihak Pemerintah disana...


Oiya, dari tadi kita belum bersulang nie hhe... Cheeeerrrss... (Glek...Glek..Glek..)...

Buat Sahabat DJ Site Semua, Happy Blogging 'N Have A Nice Day :P


20 komentar:

Adit Mahameru said...

Inilah yg sering jadi kendala bagi kita juga, tulisan dari hati suka ngamuk, ga sadar kalo yg baca sedunia..hmm...jadi pelajaran bagusnya, ati2 dlm berjurnalis....

narti said...

jd hati2 kalau mau nulis nih...
ada yg kesinggung ma tulisanku ga ya?

sda said...

ambil sisi positifnya aja dari kejadian ini.

rezkaocta said...

menulis it ada batasanny, tapi moga aja gak jd pembatas untk kta menyampaikan 'uneg2',atw skdr 'bsuara'
mg mslah d sana kelaar ya...

Gaphe said...

kasihan para blogger Tunisia kalo digituin.. bukti bahwa kebebasan pers belon begitu ditegakkan di sana.

berharap yang terbaik aja buat mereka deh

DJ Site said...

@ Adit Mahameru : Yuzp tepat, tetep nulis tetep ng'ritik tapi ada kadar tertentu yg klo kita rasa udah melanggar ya gak perlu dipublikasikan :P

@ narti : haha.. serius amat Mbak.. aku rasa ndak bakal ada yg tersinggung sama tulisanmu Mbak... yg ada juga ngiler pengen buru2 makan haha...

@ sda : Iya aku setuju ..

@ rezkaocta : Yupz, harusnya sih emank gak ada batasan untuk menyampaikan pemikiran... selama emank gak melanggar hukum :P aku harap juga gitu..

@ Gaphe : Klo untuk kebebasan Pers aku juga gak ngerti deh soalnya aku gak tau jelas dasar hukum disana hhe...

Noor's blog (inside of me ) said...

peristiwa di Tunisia kayaknya pantas dijadikan pelajaran, sebagai blogger barangkali akan lebih selektif memilih artikel yang pantas atau tidak pantas untuk dipublikasikan sedangkan pihak pemerintah seharusnya dapat menerima kritikan & masukan krna barangkali itu dapat memperbaiki kinerja pemerintahan...

Salam hangat & sukses selalu...

Bloggather said...

wah blog keureeen ,, lam kenal Gan :)

Mampir kesini yuk kita kumpul :)

Djangan Pakies said...

Assalamu'alaikum Kang, cerita ini memberikan inpirasi pada kita bahwa sekeras-kerasnya suara kita masih ada sebuah batasan tertentu yang perlu kita jaga agar tidak melukai siapapun. Terkadang tujuan kita baik, tapi belum tentu bagi orang lain

Sukadi said...

Semoga saja insiden berdarah itu sudah berakhir dan tdak terulang lagi, kemudian para blogger tsb segera dibebaskan. Walau kondisi di Indonesia juga serig protes dan demo, tapi jangan sampai memakan korban jiwa yang begitu banyak, apalagi sampai blokir blog.. :)

Takuya said...

haduu.. sampe blogger juga ditahan? hum..

untung di Indonesia ga ky gtu yah..

Herdoni Wahyono said...

Blogger di Tunisia bisa ditangkap, berarti identitasnya baik nama dan alamat lengkap terekam dengan baik sehingga dengan mudah aparat berwajib meringkusnya. Kebebasan mengemukakan pendapat dan pikiran masih menjadi 'barang mahal' di sebagian negara di dunia. Di era modern ini dengan kehidupan yang demokratis, hal seperti ini tidak perlu terjadi. Di sisi lain, artikel atau tulisan tersebut hendaknya dibuat dengan rasa tanggung jawab, proporsional, memberikan jalan keluar atau solusi atas masalah tersebut.

Rawins said...

kaya aku kali ya, kalo pengen ngomel ngomel aja lah. diempet tar jadi jerawat. dan aku tak pernah mau jadi anonim kalo mau ngomong yang ga beres. bukan menantang maut, cuma ga pengen aja jadi orang yang ga tanggungjawab dengan apa yang kita tulis.
kalo ketangkep polisi, tolong siapkan kegiatan koin rawin ya bro. heheh

IbuDini said...

Bisa dijadikan pelajaran untuk kita....
Dan semoga saja mereka cepat dapat bebas...dan kira2 tulisanku ada yang menyingung gak ya..moga aja gak dech..
Mari bersulang

joe said...

untungnya hal tersebut tidak berlaku di negara kita ..

DJ Site said...

@ Noor's blog (inside of me ) : Nha bener tuh kata Bang Pendi, klo yg kita tulis udah kelewatan ada baiknya mending kga usah di publish ye Bang... N tuk pemerintah sebenernya ane rasa Bang Kritikan kaya gitu justru perlu biar gak ng'rasa diri hebat :P Sukses juga ye Bang ..

@ Bloggather : Ok Aku meluncur..

@ Djangan Pakies: Walaikum salam Kang... bener kang yg kita rasa baik kadang belum tentu baik di telinga dan mata orang lain.... mungkin intinya mesti ada kata menghargai disini :P

@ Sukadi : Menanggapi yg di Indoenesia aku harap kejadian itu gak terulang di Negara kita Sob..

@ Takuya : Iya untungnya Indonesia gak segala sampe kaya gitu hhe..

@ Herdoni Wahyono : Identitasnya berasal dari Penyedia Hosting dan IP yg tertera Sob.. Hem.... intinya gak saling menjatuhkan lah hhe...

@ Rawins : haha... sama aku pun gak pernah mau jadi Anonim... lha klo gak suka ya gak suka aja hhe... Siap... tapi klo yg ditangkep aku tolong siapkan recehan DJ Site ya haha...

@ IbuDini : Klo Tulisannya Mbak sih kayanya gak akan ada yg menyinggung orang apalagi pemerintah...

@ joe : Untungnya gitu hhe.. :P

Makhluk Paling Aneh Di dunia said...

SEmoga blogger Tunisia cepat bebas semua nggak dijadikan korban juga oleh pemerintahnya, kasihan juga dengar hal tersebut

TUKANG CoLoNG said...

wah kalo disini kaya di tunisia, bisa habis warga ditangkep

Zan Insurgent said...

Prihatin ya sob kita mengkritik tapi justru di anggap teroris...padahal asal kita mengkritik dengan cara yang benar dan tidak berniat makar adalah bentuk protes yg cerdas dari pada kita anarkis di jalanan.

Ane juga kadang2 suka menumpahkan kekecewaan ane terhadap pemerintah melalui Blog.


*oh iya lama ga ketemu jangan cuma bersulang dong...berpelukan.... (^_^')

DJ Site said...

@ Makhluk Paling Aneh Di dunia : Aku harap juga begitu Sob... Semoga mereka cepet bebas dan semoga negaranya cepet damai..

@ TUKANG CoLoNG : haha... Setuju Bli....

@ Zan Insurgent : Berpelukan haha.... Iya nie kmn aja Brow? sama Sob.. kayanya tiap ada kebijakan yg ngawur aku pun sering mengkritik mereka disini hhe...

Visit the Site

Butuh template blog ini? monggo DOWNLOAD DISINI

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Internet Blog Directory Computers Blogs

IBX582988F60A263

Matur suwun sanget wes neympet-nyempeti mampir dulur-dulur Blogger dan Netter sekalian