Tuesday, August 30, 2011

5 September 2011, Google Sets Resmi Ditutup


Selamat Malem Sahabat DJ Site Semua,


Ketika anda membaca postingan ini, kemungkinan besar saya lagi Hang Out untuk Takbiran, entah dimana karena postingan ini emank udah saya draft dari kemaren untuk publish secara terjadwal... hhe...

---

Dan kali ini, saya mau ng'bahas rencana Google untuk menutup layanan Google Sets-nya. Dan sekedar untuk anda tau, rencana penutupan Google Sets ini, merupakan salah satu bagian besar dari penutupan Google Labs yang memang sudah direncanakan oleh Google jauh-jauh hari.

Sebelum kita masuk ke pembahasan tentang ini lebih jauh, saya yakin jarang diantara anda yang pernah mendengar nama Google Sets ini, bahkan mungkin ada diantara anda yang sama sekali belum pernah mendengar nama Google Labs juga. Untuk itu, saya akan sedikit menjelaskan tentang apa itu Google Labs dan apa itu Google Sets secara sederhana kepada anda.

Kita mulai dari Google Labs. Untuk anda yang saat ini bekerja sebagai developer Software, Website, atau proyek-proyek konstruksi, saya rasa anda pernah mendengar kata "Prototype" bahkan tau maksud dan arti dari prototype. Yupz, Prototype adalah rancangan contoh yang dibuat sebelum kita mengerjakan desain benerannya. Klo orang-orang Arsitektur biasa nyebut Prototype dengan sebutan maket, tau maket kan? itu lho miniatur dari bangunan, jalan, dll yang dibuat sebagai contoh hhe... Nah dalam hal ini Google Labs bisa saya katakan sebagai Gudang penyimpanan Prototype yang dibuat Google sebelum pada akhirnya mereka memutuskan untuk membuat desain benerannya atau sebaliknya me-reject desain itu. So, semua product yang anda lihat di Google Labs emank belum tentu akan dikeluarkan oleh Google.

Nah satu kasta dbawah Google Labs, Google Sets merupakan salah satu prototype yang ada didalam Google Labs, yang nasibnya pun belum pasti, bisa akhirnya diluncurkan atau sebaliknya bisa juga di reject dan dilupakan untuk selamanya.

Ocre, setelah anda sedikit tau apa itu Google Labs dan apa itu Google Sets, kini saya ingin mengajak anda mengenal Google Sets selangkah lebih jauh.

Sebelumnya telah saya katakan bahwa Google Sets merupakan salah satu Prototype yang dibuat google sebagai bahan uji coba, tapi yang jadi pertanyaan selanjutnya adalah sebagai bahan uji coba apa? dan andai Google Sets akhirnya diluncurkan apa sebenernya fungsi Google Sets yang dapat kita nikmati?

Bisa saya bilang Google Sets punya kesamaan dengan facebook deals, tapi karena yang kita omongin bukan tentang Facebook jadi saya gak akan kerajinan ng'jelasin apa itu facebook deals dan mendingan kita balik lagi ke pembahasan tentang Google Sets. Layanan macam apakah Google Sets? gampangnya saya lebih suka menyebut Google Sets sebagai layanan Prediksi. Bingung? emank susah sih klo anda gak nyobain layanan ini sendiri, jadi sebelum saya jelasin lebih jauh gimana klo saya ajak anda ng'buka LINK INI

Udah dibuka? disitu anda bisa melihat tampilan yang persis dengan gambar yang saya berikan dipaling atas. karena ini cuma percobaan supaya anda dapat memahami postingan ini, anda gak perlu mengetikkan apapun, cukup klik link Example. udah di klik? apa yang anda dapati? yupz, field-field yang sebelumnya kosong kini sudah berisi tulisan-tulisan: bmw, honda, mercedes benz. lantas apa maksudnya? Coba klik large set, udah? setelah diklik anda akan mendapati merk mobil lain yang jumlahnya cukup banyak. So, ada yang sampai disini bisa memahami maksud kata prediksi yang saya sebutkan sebelumnya? Yupz, gampangnya Google Sets dapat anda gunakan untuk memprediksi benda-benda lain yang dianggap punya kemiripan dengan benda yang keywordnya anda masukkan kedalam Field tersebut, misal kaya contoh yang udah anda cobain sendiri barusan, disitu Google dapat memprediksi keyword-keyword itu sebagai Item Mobil, itu kenapa akhirnya Google pun memberikan prediksi merk-merk mobil selain yang anda sebutkan.

Atau klo anda rasa percobaan contoh itu masih meragukan, anda bisa memasukkan kata Apple dan Samsung ke dalam Field tersebut, dan saya bisa memastikan anda akan diberikan prediksi merk-merk produsen Smartphone lain seperti Nokia, HTC, dan lainnya.

So, tugas Google Sets memang hanya untuk memprediksi item sejenis yang mereka golongkan memiliki kesamaan dengan item yang anda inputkan. Jujur aja saya sendiri masih kurang ngeh andai layanan ini rilis apa fungsi layanan ini untuk kita, tapi klo menurut perkiraan saya Prototype Google Sets bisa jadi adalah uji coba yang dibuat google untuk memperbaiki kinerja Mesin pencarinya, paling nggak menurut pendapat ngawur saya, ketika anda mencari item dengan keyword tertentu, Google dapat menyediakan related item sebagai pilihan kedua. tapi itu cuma pendapat saya lho ya haha...

Sayangnya, sebelum kita tau apa rencana Google dibalik prototype Google Sets ini, kita sudah lebih dulu dikagetkan dengan pengumuman resmi Google bahwa pihaknya akan segera menutup layanan Google Sets, serta layanan lain yang berada dalam naungan Google Labs pada 5 September mendatang. Dan untuk alasannya, Google masih belum mengkonfirmasinya hingga saat ini. Yang pasti Google sets memang merupakan Layanan yang tidak akan Launcing atau rilis public dan hanya akan menjadi layanan uji coba yang akan dimasukkan ke dalam layanan utama Google, Persis seperti perkiraan ngawur saya barusan, tapi sayang Google gak ngasih tau Prototype Google Sets ini akan digunakan untuk layanan utamanya yang mana hhe... Dan dari pada kita nebak-nebak mendingan kita tunggu aja pengumuman resmi google selanjutnya...

Dan karena udah lama banget kita gak bersulang, gimana klo malem ini kita bersulang lagi? Cheeerrrsss.... (Glek....glek...glek...)...

Buat Sahabat DJ Site Semua, Happy Blogging 'N have a Nice Day... :)

8 komentar:

Bang Iwan said...

Aku baru tahu tentang hal ini,... ternyata sudah mau tutup

Rizkyzone.com said...

2 tahun lebih menggunakan produk google baru kali ini aq tau namanya google sets.... tp jika memang itu yang terbaik tak apalah di hapus mungkin bisa di gantikan dengan produk lain yang lebih baik dan tentunya yang lebih mudah di terima. ok sob aq juga mau lanjutkan jalan2 lagi

MMufidLuthfi said...

baru tahu produk google set ini sob ...
kok spertinya g ngetrend gtu y ?

Munir ardi said...

sama dengan bang iwan saya juga nggak pernah buka atau mempergunakan google set dj nand, btw
Saya haturkan selamat idul fitri, mohon maaf atas segala salah yang banyak saya sengaja atau tidak selama ini baik yang bersifat lahir atau batin. Semoga kita jadi lebih baik. AMIN!

Nuel Lubis, Author "Misi Terakhir Rafael: Cinta Tak Pernah Pergi Jauh" said...

maaf OOT, gw mau nanya. udah 2 hari ini gw log ini dari blogger.com tapi selalu ngadat dan ada perintah aneh gitu. llu ngalamin ga fer? gw baru lancar masuk log in-nya di draft.blogger.com. lu ngerti ga?

TUKANG CoLoNG said...

oh kalo bikin web, ada miniaturnya dulu ya? baru tau gue bro.

Rose said...

baru tau nih:) jiahh ud mau tutp aj g ngetrend sih

DJ Site | Blogger Serabutan said...

@ All: Iya Produk satu ini emank agak kurang terkenal dibanding produk Google kaya Blogger, YouTube atau lainnya, malah fungsinya belum terlalu jelas hhe... :)

@ NuellubiS : Kena galat ya? Coba cek postingan gw yg ini Brow:

http://dj-note.blogspot.com/2011/09/inilah-solusi-untuk-anda-yang-terkena.html

@ TUKANG CoLoNG : Klo Website Perusahaan, E-Commerce, or bener2 permintaan orang biasanya iya ada prototypenya dulu bli...

DJ Site - Since 2009 Until Now

Creative Commons License
Blog Content by Ferdinand is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://dj-site.blogspot.co.id/.

Themes by blogcrowds. Design With ❤ for Blogger Serabutan