Saturday, July 24, 2010

Perhitungan Peringkat Universitas Di Webometrics Tidak Pernah Menggunakan Search Engine Bing


Selamat Sore Sahabat DJ Site Semua,

Setelah tadi ngomongin tentang Spammer yang terus meningkat Dan Laptop Termurah. Sekarang, saya mau ngomongin tentang Rangking Universitas Dunia Di Dunia Maya.

Udah pernah denger donk nama Url http://www.webometrics.info/? Klo belum silahkan anda copy ke Browser anda untuk melihatnya. Webometrics merupakan Situs pemeringkatan Universitas Di Dunia termasuk Indonesia. Dan baru-baru ini, kayanya lagi heboh tuh berita tentang ITB yang jadi peringkat 1 se-Indonesia. Tapi ga cuma tingkatan Se-Indonesia, Webometrics pun memasukan empat perguruan tinggi Indonesia ke 100 Top Universitas Asia. Masing-masing, ITB, UGM, UI dan Gunadarma yang berturut-turut menempati peringkat ASIA ke- 56, 61, 84, dan 88 di Asia.

Dalam Perhitunganya, Webometrics menggunakan empat indikator yaitu Visibility (V), Size (S), Rich Files ( R), dan Scholar (Sc). Visibility diukur dengan Yahoo external link, Size dengan jumlah halaman web yang terindeks di search engine, Rich File dengan jumlah file yang terdindeks di Google, dan Scholar dengan jumlah paper di Google Scholar.

Tapi Dalam perhitunganya, sangat disayangkan Webometrics dikabarkan tidak pernah menggunakan Search Engine Bing. Bukan tanpa Alasan, menurut mereka mesin pencari Bing tidak digunakan oleh Webometrics untuk sementara karena ketidakstabilan hasil pencarian selama periode pengambilan data.

Kayanya ada benernya juga tuh hhe, soalnya biasanya saya juga ga pernah ketemu yang pas klo Surfing di Bing hhe.. biarpun saya akuin sekarang Pencarian Bing semakin baik....

Mungkin suatu saat klo hasil pencarian dengan Bing udah stabil Webometrics akan menyematkan Bing dalam indikator Size nya....

Buat Sahabat DJ Site Semua, Happy Blogging..........

4 komentar:

Manchester United Tech said...

kalo saya gak pernah pake search bing sob...

btw, semangat amat postingnya sob, ampe 3 kali...hehehe

saka hero said...

uNDIP kayaknya masuk urutan 9 ya mas :D, kemarin sempet baca di website undip.ac.id :)

sentraBLOG said...

wahhhh...
Universitas Gunadarma masuk 5 besar ya....
jadi bangga kuliah di Universitas Gunadarma...
hehehe...
thanks mas fer...

DJ Site | Blogger Serabutan said...

@ Manchester United Tech : aku sih pernah pake cuma jranag2 Sob... iya tuh lagi semangat ngejar bolos 2 hari kmaren Soalnya hhe....

@ saka hero : iya Sob... UNDIP naik tahun ini ke peringkat 9

@ sentraBLOG: wah di UG toh hho...

DJ Site - Since 2009 Until Now

Creative Commons License
Blog Content by Ferdinand is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://dj-site.blogspot.co.id/.

Themes by blogcrowds. Design With ❤ for Blogger Serabutan